Walkot Sorong Apresiasi Menteri PUPR Bangun SPAM Regional

300
Ilustrasi. Penampungan air -Dok: CDN

SORONG – Wali Kota Sorong, Lambert Jitmau, mengapresiasi atas pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum Regional Papua Barat di Sungai Warsamson Sorong oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, melalui Balai Wilayah Sungai Papua Barat.

“Pembangunan SPAM Regional di Sungai Warsamson menjawab kebutuhan air bersih warga Kota dan Kabupaten Sorong. Kami mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat serta Balai Wilayah Sungai Papua Barat,” katanya, di Sorong, Jumat (9/3/2018).

Dia memberikan apresiasi pula kepada Menteri PUPR, karena kepala Balai Wilayah Sungai Papua Barat yang ditugaskan membangun SPAM Regional di Sungai Warsamson Sorong adalah putra terbaik asli Papua.

Dia mengatakan, pembangunan SPAM regional yang dilakukan secara bertahap sejak 2014 telah selesai dan sudah dilakukan uji coba luar biasa untuk melayani ribuan warga Kota Sorong.

Selanjutnya, Pemerintah Kota Sorong akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Sorong, guna pembebasan lahan sehingga Ditjen Cipta Karya membangun instalasi pengolahan air (IPA) pada ujung pipa SPAM Regional tersebut.

“Pembangunan IPA, agar air dapat diolah hingga bersih layak dikonsumsi kemudian disalurkan ke rumah-rumah warga Kota dan Kabupaten Sorong”, ujarnya.

Kepala Balai Wilayah Sungai Papua Barat, Elroy Koyari, yang memberikan keterangan terpisah, mengatakan SPAM Regional Papua Barat di Sungai Warsamson dapat menyuplai air 210 liter per detik dengan asumsi dapat memenuhi kebutuhan 17.000 ribu jiwa masyarakat Kota dan Kabupaten Sorong.

Tugas Balai Wilayah Sungai Papua Barat membangun SPAM Regional Sorong dari sumber air sampai pada tempat penampungan dengan jarak pipa sekitar 7,3 tujuh kilometer.

Ditjen Cipta Karya akan membangun IPA di ujung pipa SPAM Regional agar air dapat diolah hingga bersih layak dikonsumsi kemudian disalurkan ke rumah-rumah warga Kota dan Kabupaten Sorong. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...