Warga di Pusingan Kuala Sekampung Terpaksa Jadi “Manusia Perahu”

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

478

LAMPUNG — Sebanyak empat rumah warga di dusun Pusingan desa Kuala Sekampung kecamatan Sragi di dekat tanggul penangkis sungai Way Sekampung sudah sepekan terendam banjir.

Keempat rumah tersebut yakni milik Taher (40), Husin (40), Mat Lantung (36), Febriandi (37) dengan jumlah mencapai sekitar 15 orang. Akibat banjir yang belum surut Taher bahkan menyebut warga harus melakukan aktifitas dengan menggunakan perahu.

Sebagian rumah merupakan rumah panggung dan warga sudah mengamankan barang barang berharga di lokasi yang tinggi. Sebagian pemilik ternak kambing masih tetap dipelihara di kandang panggung dan belum diungsikan.

“Jika banjir sudah merendam bagian kandang kambing maka akan kami ungsikan karena saat ini proses mencari pakan harus dilakukan di tempat lain karena area di sekitar bantaran sungai sudah terendam air,” terang Taher warga dusun Pusingan desa Kuala Sekampung yang ditemui Cendana News selesai memberikan pakan untuk ternak kambing miliknya, Jumat (9/3/2018)

Taher menyebut ia dan warga lain belum mengungsi dengan pertimbangan tidak mau kerepotan memindahkan barang barang. Selain itu bantuan dari pemerintah desa serta kecamatan saat ini belum diberikan kepada warga yang terimbas oleh banjir sungai Way Sekampung.

Ia juga menyebutkan, ketinggian air yang hampir sama dengan tanggul penangkis disebut Taher diprediksi akan terus naik jika hujan terus turun di wilayah tersebut.

Selain merendam rumah di dusun Pusingan juga Taher mengaku puluhan hektar lahan kelapa sawit, kelapa hibrida dan tanaman pisang ikut terendam. Dampak banjir yang sudah merendam pemukiman warga disebutnya membuat ia kesulitan memperoleh air bersih. Warga bahkan harus membeli air bersih menggunakan galon untuk kebutuhan air minum dan memasak.

Selain dusun Pusingan desa Kuala Sekampung, banjir yang masih melanda terjadi di dusun Bunut Utara dan dusun Umbul Besar desa Bandar Agung kecamatan Sragi.

Firdaus, salah satu warga sekaligus tokoh masyarakat di dusun Bunut Utara menyebut banjir yang semakin tinggi saat ini sudah merendam pemukiman warga. Sebanyak 31 rumah di dusun Bunut dan Umbul Besar diakuinya akan bertambah naik menjelang malam.

Manusia Perahu
Rumah warga dusun Pusingan desa Kuala Sekampung kecamatan Sragi Lampung Selatan [Foto: Henk Widi]
Kondisi air yang semakin meninggi tersebut berpotensi merendam wilayah perkampungan warga ditambah dengan gelombang pasang air laut. Kondisi air pasang yang masih terjadi di dekat muara sungai way Sekampung disebutnya juga membuat was was pemilik tambak. Tanggul penangkis yang disebutnya dibangun sementara menggunakan tanah disebutnya berpotensi merendam hektaran lahan tambak udang vaname di wilayah tersebut.

Baca Juga
Lihat juga...