banner lebaran

Wiranto: Modernisasi Alutsista Perlu Dilakukan

220
Menkopolhukam RI, Wiranto. -Dok: CDN

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengakui pemerintah perlu melakukan modernisasi alat utama sistem persenjataan (alutsista). Hal itu untuk mendukung kekuatan angkatan bersenjata.

Wiranto menyebut, alutsista sebagai salah satu tolok ukur kekuatan angkatan bersenjata. “Modernisasi (alutsista) harus dilaksanakan, sebab kekuatan angkatan bersenjata RI itu juga ditandai dengan bagaimana kita mampu memodernisasi perlengkapan dan alat-alat utama dari kekuatan militer kita,” ujar Wiranto, Selasa (13/3/2018).

Mantan Panglima TNI itu menjelaskan, pemerintah saat ini tidak tutup mata terhadap pihak-pihak yang memiliki keinginan untuk melakukan modernisasi alutsista. “Sejak saya jadi panglima dulu, semangat untuk modernisasi sudah ada, dan kebijakan untuk modernisasi alutsista juga menjadi tujuan dari negara untuk dilakukan,” tutur Wiranto.

Namun, pemerintah saat ini masih terkendala biaya, karena dana negara juga perlu dialokasikan untuk mendukung pembangunan di daerah-daerah. Presiden disebutnya, mencoba untuk menerapkan langkah yang adil dan bijak dalam setiap keputusan.

“Presiden sekarang ini mencoba untuk melakukan langkah-langkah yang adil dan bijak agar di satu sisi kita bisa memodernisasikan alutsista, di sisi lain juga tidak merugikan pembangunan yang lebih luas dari negeri ini, misalnya infrastuktur, pembangunan ekonomi nasional, ketersediaan tenaga listrik yang memadai,” ujar Dia.

Sebagai bagian dari pemerintah Wiranto menyebut, arah untuk melakukan modernisasi alutsista ada. Hanya saja setiap kebijakan yang diambil oleh pemerintah di bawah kendali Presiden Joko Widodo dipertimbangkan dengan kepentingan lain. (Ant)

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.