2018, Seluruh Kelompok Tabur Puja di Sumbar Jadi Mandiri

Editor: Irvan Syafari

333

PADANG — Supervisi Wilayah Project Managing Unit (PMU) Tabur Puja Wilayah V Sumatera Barat Edi Suandi mengatakan, jumlah kelompok Tabur Puja yang ada di Sumbar yakni Kota Padang dan Kabupaten Solok tidak mencapai 100 kelompok. Sampai saat ini sebagian besar di antaranya belum mandiri. Dia menyebutkan, pada 2018 seluruh kelompok ditargetkan menjadi mandiri.

Edi mengungkapkan, saat untuk kelompok Tabur Puja yang ada di Kabupaten Solok ada 26 kelompok. Sayangnya, hingga saat ini baru 5 kelompok yang telah mandiri, dan masih ada kelompok lagi yang belum mandiri.

Begitu juga untuk Kota Padang, dari 50 kelompok Tabur Puja, hanya 10 kelompok telah mandiri.

“Tahun 2018 ini di rencanakan seluruh kelompok Tabur Puja menjadi mandiri. Supaya harapan Tabur Puja membuat masyarakat yang mandiri bisa terwujud,” katanya, Jumat (13/4/2018).

Menurut Edi selama ini keberadaan kelompok Tabur Puja turut memberikan dampak yang bagus secara sosial maupun secara ekonomi bagi masyarakat yang tergolong kurang mampu.

Tak dapat dipungkiri bahwa keberadaan Tabur Puja turut membantu pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan di Sumbar. Hadir sejak 2014 lalu, dan kini telah berjalan selama hampir 5 tahun, cukup terlihat kondisi perekonomian masyarakat kurang mampu.

Edi menjelaskan, untuk proses menjadi mandiri pada setiap kelompok Tabur Puja ialah harus memiliki jumlah nasabah atau penikmat Tabur Puja lebih dari angka 50 orang. Selain itu, usaha yang dijalani masyarakat bisa dikatakan tumbuh dengan baik.

“Targetkan penyaluran pinjaman Tabur Puja ini untuk masyarakat yang pra sejahtera atau keluarga sejahtera 1. Apabila mereka telah menjadi keluarga yang sejahtera, maka apa harapan dari Tabur Puja telah dikatakan sah tercapai,” ucapnya.

Menurutnya, selama ini masyarakat yang tergolong kurang mampu sulit sekali untuk mendapatkan pinjaman modal usaha. Namun di Tabur Puja, tidak ada prosedur yang membuat mereka sulit, jaminannya hanyalah jaminan sosial.

Maka dari itu, jika nanti kelompok Tabur Puja telah menjadi mandiri, harapan ke depan bisa naik menjadi sebuah koperasi. Menjadikan kelompok Tabur Puja ke mandiri, artinya menyerahkan sepenuhnya secara pengelolaan kepada kelompok tersebut.

“Jadi kita di Tabur Puja nantinya hanya menyalurkan modalnya ke masing masing kelompok yang telah mandiri itu. Semogalah dengan nanti menjadi mandiri, Tabur Puja bisa menjangkau masyarakat lebih luas,” harapnya.

Lihat juga...

Isi komentar yuk