Anggota Apeksi Komwil IV Tampilkan Pawai Budaya

Editor: Irvan Syafari

657

BATU — Rapat Koordinasi Komisariat Wilayah IV Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) ke 14 kembali digelar. Kota Batu sebagai tuan rumah telah menyiapkan berbagai agenda, salah satunya Pawai Budaya yang adakan hari ini di sepanjang Jalan Panglima Sudirman, Kota Batu.

Berbagai jenis kesenian dan kebudayaan dari 13 kota yang ada di Jawa Timur, Bali, NTT dan NTB turut ditampilkan guna mempromosikan seni, budaya sekaligus wisata dari masing-masing kota peserta Apeksi.

Kota-kota tersebut, yakni Kota Surabaya, Kota Mojokerto, Kota Malang, Kota Kediri, Kota Madiun, Kota Blitar, Kota Probolinggo, Kota Pasuruan, Kota Denpasar, Kota Mataram, Kota Bima, Kota Kupang dan Kota Batu sendiri sebagai tuan rumah.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko mengaku sangat mengapresiasi pertunjukkan seni yang luar biasa, yang telah ditampilkan oleh masing-masing daerah walaupun dengan waktu dan fasilitas yang terbatas.

“Alhamdulillah, meskipun dengan waktu dan fasilitas yang terbatas, tapi semua 13 kota sudah menampilkan keseniannya yang sangat luar biasa,” ujarnya, Rabu (18/4/2018).

Menurutnya dengan adanya pertunjukkan pawai budaya dari para peserta Apeksi, warga Kota Batu bisa melihat secara langsung, kota-kota yang lain juga punya kesenian dan budaya yang luar biasa, sehingga diharapkan nantinya seniman Kota Batu bisa terpacu untuk menampilkan pertunjukkan yang lebih baik lagi.

Lebih lanjut Dewanti optimis bahwa dengan digelarnya Apeksi di kota Batu, bisa sekaligus dimanfaatkan sebagai media promosi kesenian, kebudayaan dan pariwisata Kota Batu kepada para tamu yang datang dari berbagai kota.

“Mudah-mudahan tamu yang sekarang datang ke Batu karena tugas, Insha Allah tahun-tahun berikutnya mereka bisa kembali lagi datang ke kota Batu untuk berwisata bersama keluarga mereka. Karena mereka sudah tahu bahwa di sini banyak tempat-tempat wisata yang menarik. Tahun lalu jumlah wisatawan yang ke Batu hampir lima juta orang, tapi ke depan harus bisa tembus angka lima juta wisatawan, tandasnya.

Sementara itu, Wali Kota Mataram Mohan Roliskana menyatakan, senang bisa menyaksikan penampilan dari beberapa khasanah budaya yang dimiliki Indonesia secara langsung dalam satu waktu.

Menurut Mohan, di samping bisa bangga melihat budaya bangsa sendiri, tentunya juga yang tidak kalah penting adalah acara Apeksi mampu memperkuat komunikasi antar kota. Hal ini bisa menjadi bagian dari upaya untuk memperkuat silaturahim untuk membangun kerja sama.

penampilan tarian dari Denpasar-Foto: Agus Nurchaliq.

“Dalam Apeksi kali ini tentunya akan menghasilkan beberapa rekomendasi, yang salah satunya mengenai pariwisata di mana masing-masing daerah mempunyai kekuatan-kekuatan tersendiri dalam hal pariwisata. Untuk itu kita memberikan ruang kepada masing-masing kota agar bisa menunjukkan kualitas khasanah kebudayaan dan pariwisata sekaligus mempromosikan masing-masing daerah,” pungkasnya.

Baca Juga
Lihat juga...