Anwar Usman: Seorang Hakim Harus Menjaga Kemuliaan Dirinya

Editor: Irvan Syafari

279

JAKARTA — Anwar Usman secara resmi menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) untuk periode 2018-2020, setelah mengucapkan sumpah jabatan yang dihadiri oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ketua MPR Zulkifli Hasan dan Wakil Ketua DPR Fadli Zon dan sejumlah pejabat negara lainnya.

Dalam sambutannya, Anwar Usman mengatakan jabatan yang diberikan kepada dirinya sebagai Ketua MK adalah amanah dari Allah yang harus dilaksanakan dan dipertanggungjawabkan dengan baik dan benar. Sebab semua itu akan kembali kepada pencipta Allah SWT.

“Jabatan itu ujian bagi saya sebagai hamba-Nya, dan kepada Allah kita mengadu atas segala yang kita perbuat dan putusan sebagai hakim di dunia,” kata Anwar Usman di Gedung MK saat usai pengucapan sumpah Ketua MK, Senin (2/4/2018).

Hakim sebagai wakil Tuhan di dunia untuk memutuskan suatu perkara, mempunyai kewenangan yang besar. Sehingga jabatan hakim merupakan gambaran dari teori kedaulatan Tuhan yang menyeimbangkan dengan teori kedaulatan rakyat yang ada di dalam lembaga parlemen.

“Dengan kewenangan yang dimiliki itu dapat membatalkan apa yang putusan lembaga parlemen, jika menurut pertimbangan hal itu melawan hukum atau bertentangan dengan kedaulatan rakyat,” jelasnya.

Anwar Usman menyebutkan, dengan kewenangan besar yang dimiliki hakim tersebut, maka seorang hakim harus menjaga kemuliaan dirinya dan jabatannya agar dapat dipertanggungjawabkan bukan hanya di dunia tapi di akhirat kelak.

“Karena keputusan yang diambil oleh hakim, tidak hanya dibutuhkan untuk menegakkan hukum semata tapi menegaskan keadilan sebagaimana yang diatur dalam konstruksi kita,” ujarnya.

Untuk itulah, ungkapnya, seorang hakim harus hati-hati dalam memberikan keputusan, dan satunya kata dengan perbuatan. “Sehingga apa yang diputuskan merupakan hasil dari hati nurani seorang hakim tanpa intervensi dari luar,” sebutnya.

Sementara itu Wakil Presiden M Jusuf Kalla mengatakan, dirinya yakin dan percaya Ketua MK Anwar Usman mampu memimpin lembaga konstitusi tersebut dalam mengawal UUD dan memberikan rasa keadilan terhadap rakyat. Apalagi tambah Jusuf Kalla memasuki tahun politik, seperti Pilkada dan Pemilu 2019 mendatang.

“Kita percaya Pak Anwar Usman bisa menjaga marwah MK dan memberikan rasa keadilan bagi warga negara. Terlebih tahun ini tahun Pilkada dan Pemilu, tentu kita berharap MK akan menjalankan tugasnya sesuai peraturan yang berlaku,” kata JK usai pengucapan sumpah jabatan Ketua MK.

Selain pengucapan sumpah dan jabatan Ketua MK Anwar Usman, dalam acara tersebut juga sekaligus pengucapan sumpah dan jabatan Wakil Ketua MK Aswanto untuk periode yang sama.

Baca Juga
Lihat juga...