Apklindo Kalsel Gencarkan Sertifikasi Anggota

Editor: Irvan Syafari

322

BANJARMASIN — Asosiasi Perusahaan Klining Servis Indonesia (Apklindo) Kalsel terus berupaya mendorong peningkatan jumlah pekerja jasa kebersihan bersertifikasi di Banua.

Terbaru organisasi yang dipimpin oleh Deddy Subiantoro tersebut kembali melakukan kegiatan sertifikasi Team Leader dan Klining Junior, Jumat (20/4/2018) di Sekretariat DPD Apklindo Kalsel.

“Sertifikasi team Leader kita gelar hari ini, lalu besok kita lanjutkan lagi dengan Klining Junior. Untuk jumlah pesertanya sendiri mencapai puluhan orang,” ungkap Ketua DPD Apklindo Kalsel Deddy Subiantoro.

Selama tahun 2018 ini pihaknya berencana menggelar kegiatan sertifikasi Klining Junior bersubsidi hingga 14 angkatan. Kemudian untuk jenis sertifikasi lainnya yang dikategorikan premium juga akan rutin digelar namun menyesuaikan kebutuhan.

Gencarnya kegiatan sertifikasi sendiri menurut Deddy wajar dilakukan, mengingat pekerja jasa kebersihan di Kalsel yang bersertifikasi masih kurang dari 10 persen. Padahal kewajiban pekerja memiliki sertifikasi profesi sendiri kini mulai diterapkan oleh Pemerintah Daerah.

“Provinsi Banten sudah mulai menerapkannya, mereka wajibkan semua pengusaha yang ikut tender outsorsing untuk melampirkan sertifikat keahlian. Kalsel pun nanti kedepannya akan juga memberlakukan hal serupa, karena kita wajib bersiap diri,” jelasnya.

Sementara itu, Owner outsorsing Karya Abu Fadil (KAF) H Chandra Bayu mengaku cukup terbantu dengan gencarnya DPD Apklindo Kalsel melakukan kegiatan sertifikasi bagi para anggotanya.

Sebab menurutnya untuk beberapa tender pengadaan tenaga outsorsing di beberapa perusahaan maupun instansi pemerintahan, kini sudah mulai mewajibkan perusahaan untuk melampirkan sertifikasi kompetensi.

“Karena itulah kita berharap kedepannya kegiatan sertifikasi bisa terus dilanjutkan. Bahkan kalau perlu jenis sertifikasinya lebih diperbanyak lagi sesuai kebutuhan di Kalsel,” pungkasnya