Bantuan Hibah Safari Ramadhan di Sumbar Capai Rp8,1 Miliar

Editor: Koko Triarko

297
Kepala Biro Bina Mental dan Kesejahteraan Masyarakat Sekretariat Provinsi Sumatera Barat Syahril B/ Foto: M. Noli Hendra 

PADANG — Sejumlah masjid yang akan didatangi dalam rangka kegiatan Safari Ramadhan di Sumatera Barat, telah didata untuk diberikan bantuan.

Kepala Biro Bina Mental dan Kesejahteraan Masyarakat Sekretariat Provinsi Sumatera Barat, Syahril B, mengatakan untuk memberikan bantuan ke masjid itu, akan sediakan sekitar Rp8,1 miliar lebih untuk bantuan hibah bagi 407 masjid.

“Alokasi tersebut dilakukan dalam dua tahap, sebanyak 147 masjid pada APBD awal, sisanya di APBD Perubahan,” katanya, ketika ditemui sore Selasa (17/4/2018).

Ia menjelaskan, nanti masing-masing masjid mendapatkan bantuan Rp20 juta ditambah dengan tiga lembar tikar. Jumlah tersebut terdiri dari 147 masjid dikunjungi dengan pendampingan oleh Pemprov Sumbar. Sebanyak 147 tersebut anggarannya diakomodir pada APBD awal.

Sementara sisanya, 260 masjid, dananya akan dialokasikan pada APBD Perubahan. Untuk nama-nama masjidnya sudah dibuatkan surat keputusan untuk dibantu.

“Untuk penyerahan ke pihak masjid, secara simbolis, dilakukan Bendahara Umum Daerah (BUD) bisa langsung mentransfer ke rekening masjid yang dikunjungi tersebut. Karena saat ini diberlakukan transaksi non tunai” ujarnya.

Disebutkannya, masjid-masjid yang dikunjungi sudah dilakukan verifikasi, administrasi dan faktual. Pengusulannya dilakukan oleh masyarakat, termasuk dari anggota DPRD Sumbar.

Sementara itu, Kepala Bagian Bina Mental, Biro Bina Mental dan Kesejahteraan Setdaprov Sumbar, Karimis, mengatakan  naiknya jumlah kunjungan ke masjid-masjid pada safari Ramadhan 2018 ini, karena adanya aspirasi dari anggota DPRD untuk mengunjungi lebih banyak masjid.

Ia menyebutkan, dalam keputusan itu ditetapkan, ketua dan wakil ketua DPRD akan mengunjungi masing-masing tujuh masjid dari sebelumnya hanya tiga masjid. Sementara anggota DPRD sebelumnya hanya mengunjungi satu masjid naik menjadi lima masjid.

“Untuk jumlah kunjungan Pemprov Sumbar, masih tetap sama dengan tahun lalu, yakni gubernur mengunjungi 13 masjid, wakil gubernur 13 masjid dan sekda 10 masjid,” ucapnya.

Menurutnya, naiknya jumlah kunjungan tersebut akan berdampak baik pada rumah ibadah, terutama masjid yang dikunjungi Pemprov Sumbar tahun ini. Setidaknya, dengan jumlah bantuan itu dapat membenahi masjid yang dikunjungi.

“Harapan kita jelas ini dapat membenahi sejumlah masjid yang dikunjungi, dapat membantu pembiayaan,” tegasnya.

Lihat juga...

Isi komentar yuk