BPJS Kesehatan Lirik Kepesertaan JKN Generasi Milenial

Editor: Irvan Syafari

373
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Banjarmasin Nyoman Wiwiek Yulia Dewi-Foto Arief Rahman.

BANJARMASIN — Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Banjarmasin terus melakukan terobosan untuk bisa meningkatkan kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Kalsel.

Salah satunya terbaru adalah dengan menggandeng perguruan tinggi di Kalsel untuk bisa merekrut kepesertaan JKN dari kalangan milenial.

“Kita terus berupaya meningkatkan kepesertaan JKN agar makin meningkat di Kalsel. Sebab jika berdasarkan data hingga April 2018 dari 2,6 juta jiwa, hanya sebesar 1.410.000 jiwa atau 52,66, persen yang memiliki Kartu JKN” jelas Kepala BPJS Kesehatan Cabang Banjarmasin Nyoman Wiwiek Yulia Dewi, Jumat (20/4/2018).

Karena itulah kerja sama bersama Perguruan Tinggi diharapkan dapat mendorong makin banyaknya masyarakat Banua, khususnya kalangan milenial untuk menjadi peserta JKN. Apalagi pada tahun 2019 mendatang kepesertaan JKN di Kalsel diharapkan mampu menembus diangka 95 persen dari 2,6 juta jiwa.

“Yang kita sudah ajukan kerja sama dan MOU kalau di Kalsel adalah Universitas Islam Nasional (UIN) Antasari dan Universitas Lambung Mangkurat (ULM). Ke depan kami juga terus melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi lainnya, tujuannya agar makin banyak generasi millenial yang ikut progran JKN,” ungkapnya.

Adapun untuk UIN Antasari dan ULM sendiri, diharapkan nantinya bentuk kerja samanya dapat berupa mewajibkan mahasiswa baru untuk memiliki Kartu JKN saat mereka sudah dinyatakan lulus seleksi. Sedangkan untuk mahasiswa yang terdahulu, akan diedukasi secara bertahap agar mereka bisa bergabung menjadi peserta JKN.

“Dengan mahasiswa menjadi peserta JKN, mereka tentunya bisa melakukan pemeriksaan dan pengobatan medis secara gratis baik di dokter hingga rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan,” katanya.

Sementara itu, Rektor UIN Antasari Prof Dr H Mujibburahman menambahkan, dikepemimpinannya kerjasama UIN Antasari dengan berbagai pihak eksternal akan lebih ditingkatkan lagi. Baik itu kerja sama dalam hal Sumber Daya Manusia (SDM), teknologi bahkan kerjasama dalam hal bisnis.

Tujuannya tidak lain untuk bisa mengembangkan UIN Antasari agar mampu berkembang dan bersaing dengan Perguruan Tinggi lainnya yang ada ditingkat lokal hingga nasional.

“Salah satunya adalah kerja sama yang kita lakukan bersama BPJS Kesehatan Cabang Banjarmasin kali ini. Kami harapkan kerjasamanya nanti bukan hanya dalam hal meningkatkan jumlah peserta JKN di kalangan mahasiswa saja, namun bisa berkembang hingga kerja sama lainnya yang lebih bermanfaat,” pungkasnya.

Baca Juga
Lihat juga...