Cintai Lingkungan, Warga Plesungan Gelar Kirab Sedekah Bumi

Editor: Irvan Syafari

416

SOLO — Ribuan warga Desa Plesungan, Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar, Solo, Jawa Tengah, hari ini menggelar Kirab Sedekah Bumi. Ritual yang dipusatkan di Sendang Plesungan ini tak lain untuk bersyukur akan limpahan rezeki hasil bumi yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada warga.

Kirab Sedekah Bumi sendiri diawali dengan mengarak berbagai hasil panen petani (bumi) yang dibentuk gunungan, tumpeng serta segala pernak-perniknya menuju Sendang Plesungan. Tak hanya itu, berbabagai seni pertunjukan juga dibawakan oleh warga, mulai dari reog, kerasi batik hingga penampilan pelajar.

Ribuan warga Pleseungan tumplekbleg dalam kegiatan ritual sedekah bumi yang baru kali pertama ini dilakukan. Kegiatan ini juga untuk memberikan pemahaman kepada warga akan pentingnya menjaga lingkungan (bumi) beserta isinya, agar tidak menimbulkan mara bahaya.

“Kita ajak seluruh warga masyarakat untuk mencintai lingkungan yang ada di sekitar kita. Kita ingin angkat budaya sebagai jati diri bangsa,” ungkap Kepala Desa Plesungan, Waluyo kepada awak media, Rabu (18/4/2018).

Menurut dia, sedekah bumi merupakan tradisi yang melekat untuk masyarakat Jawa khususnya, yakni sebagai salah satu ungkapan syukur yang ditujukan Kepada Tuhan Yang Maha Esa akan segala nikmat yang telah diberikan kepada manusia.

“Kita sebagai mahluk-Nya wajib untuk bersyukur dengan tetap menjaganya,” tekannya.

Proses Kirab Sedekah Bumi dilakukan warga dengan berjalan sekitar satu kilometer. Setelah berjalan sembari menampilkan berbagai seni budaya, kirab sedekah bumi diakhiri dengan makan bersama warga di Sendang Plesungan.

Berbagai hasil bumi yang digunakan dalam ritual Sedekah Bumi warga Plesungan, Gondangrejo, Karanganyar-Foto: Harun Alrosid.

“Saya bangga, masyarakat Karanganyar masih kuat mempertahankan budaya. Terbukti dengan banyaknya antusias warga dalam tradisi Sedekah Bumi ini,” kata Pjs Bupati Karanganyar Prijo Anggoro yang turut hadir dalam ritual tersebut.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.