DPRD Biak Usulkan Status Peningkatan BLK

Ilustrasi - Kewirausahaan bidang jahit-menjahit - Dok CDN

BIAK  – Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Biak Numfor, Papua, Adolf Baransano mengusulkan peningkatan status loka latihan kerja usaha kecil menengah (LLK UKM) Biak menjadi Balai Latihan Kerja (BLK) untuk menjawab kebutuhan tuntutan dunia kerja di kawasan Teluk Saereri.

“Revitalisasi pendidikan dan pelatihan BKL Biak bertujuan untuk menyelaraskan kompetensi yang dimiliki tenaga kerja dengan kebutuhan industri dan dunia usaha,” ucap Adolf di Biak, Sabtu.

Ia mengakui perubahan status BLK Biak adalah untuk meningkatkan fasilitas pendidikan pelatihan bagi pencari kerja sehingga sesuai dengan tuntutan zaman.

Dia menyebut jika pengalihan status BLK Biak diwujudkan maka ada delapan variabel yang harus ditingkatkan fungsinya.

Kedelapan indikator itu, lanjut Adolf, tenaga Sumber daya manusia pengelola lembaga dan tenaga instruktur sebagai pelatih, sarana dan prasarana pelatihan, tata kelola balai.

Dengan status BLK Biak perlu menyiapkan standar kompetensi dan program pelatihan, sistem pendanaan, kemitraan dengan dunia industri dan dunia usaha, ujar politisi Partai Bulan Bintang.

Adolf mengakui kinerja BLK Biak ke depan akan menjadi lembaga pendidikan non-formal milik Pemkab Biak Numfor karena menyelenggarakan pelatihan ketrampilan pencari kerja maupun dunia usaha.

“Raperda tentang perubahan status kelembagaan BLK sudah diajukan ke badan pembentukan peraturan daerah non-anggaran,” ungkap Adolf Baransano.

Sementara itu, Kepala Loka Latihan Kerja Biak Esti Kbarek MM mengakui jika pengalihan status BLK BIak direaliasikan maka Kabupaten Biak Numfor akan menjadi pusat pelatihan ketrampilan calon tenaga kerja di kawasan Teluk Saereri meliputi Biak, Supiori, Waropen dan Yapen Kepulauan.

“Adanya dukungan DPRD untuk perubahan status BLK Biak patut diberikan apresiasi karena ini menjadi tuntutan kebutuhan dunia kerja menghadapi persaingan global,” ungkapnya.

Berdasarkan data status Loka Latihan Kerja Usaha Kecil Menengah Biak merupakan UPT Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Biak Numfor menjadi lembaga penyelenggara pendidikan ketrampilan kejuruan untuk pencari kerja, karyawan perusahaan dan masyarakat. (Ant)

Lihat juga...