banner lebaran

Embung Jadi Pengairan Alternatif di Lampung Selatan

Editor: Irvan Syafari

390

LAMPUNG — Keberadaan embung atau cekungan penampung air (retention basin) masih menjadi sumber alternatif petani di wilayah Lampung Selatan. Selain embung, sumur bor dengan sistem pompa dan mesin pompa air menjadi kebutuhan alternatif saat petani mengalami kesulitan air terutama kemarau.

Sujadi, salah seorang petani di Desa Margasari, Kecamatan Sragi menuturkan, lokasi lahan pertanian di wilayah tersebut umumnya berada di lahan cekungan. Saat kemarau lahan pertanian padi di wilayah tersebut masih terimbas kekeringan.

Beruntung ungkapnya, keberadaan keberadaan embung alami berupa cekungan masih dipertahankan warga setempat untuk sumber pengairan lahan pertanian sayuran dan pertanian padi. Pada saat musim penghujan,sebagian warga diakui Sujadi bahkan membuat keramba jaring apung (KJA) untuk budidaya ikan air tawar jenis lele, nila dan gurame.

“Embung yang menyimpan cadangan dan pasokan air tersebut diakui Sujadi bahkan memiliki sumber mata air. Keberadaan mata air tersebut membuat pada bagian mata air dibuat menjadi belik untuk kebutuhan air bersih warga. Embung bahkan menjadi lahan untuk proses penanaman sayuran jenis kangkung, gundo dan genjer untuk dikonsumsi,” papar Sujadi kepada Cendana News.

Pemanfaatan embung yang potensial digunakan saat kemarau juga diakui oleh Salam, salah satu petani di Desa Sukamulya, Kecamatan Palas. Ia menyebut, keberadaan embung penyimpan air membuat petani padi masih bisa memenuhi stok air. Selain sebagai sumber kebutuhan air untuk pengairan embung juga bisa dimanfaatkan untuk penyiraman lahan sayuran yang dimiliki warga setempat.

“Pada tahun lalu ada usulan dari petani agar luasan lahan embung bisa ditambah karena manfaatnya besar bagi petani,tapi terbatas pada biaya,” ungkap Salam.

Pembuatan embung buatan diakuinya dilakukan memperluas embung alami yang sudah ada. Lahan embung merupakan lahan milik desa. Keberadaan embung memiliki banyak fungsi. Meski sebagian petani di wilayah lain mengalami kesulitan air untuk pengairan, embung yang dipertahankan warga disebutnya cukup membantu pengairan lahan sawah.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.