Expo Nusantara TMII Resmi Dibuka

Editor: Koko Triarko

737

JAKARTA – Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dalam rangkaian HUT ke-42 menggelar salah satu program pameran bertajuk Expo Nusantara TMII bertajuk “Tekstil Tradisional Nusantara” di Gedung Sasana Kriya.

“Selamat HUT ke-43 TMII, semoga ke depan makin jaya dalam pelestarian budaya bangsa,” kata Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop), I Wayan Dipta, saat membuka Expo Nusantara di Sasana Kriya TMII, Jakarta, Kamis (19/4/2018) sore.

Menurut Wayan, TMII bukan saja destinasi Nusantara, tapi juga banyak wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung. “Saya mendapat info dari Pak Taufik Sukasah (Direktur Umum TMII), bahwa tidak kurang dari lima juta tamu yang berkunjung ke Taman Mini,” ujarnya.

Wayan berharap, iven seperti ini harus ditingkatkan, sehingga produk-produk unggulan daerah semakin terkenal. Tidak hanya di dalam negeri, tapi juga luar negeri.

Menurut Wayan, UKM yang berpartisipasi pada Expo Nusantara ini telah membuktikan kepada masyarakat, bahwa mereka mampu menciptakan kemandirian ekonomi dengan mengembangkan ekonomi kreatif.

Ki-ka: Direktur Umum TMII, Taufik Sukasah, Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kemenkop dan UKM, I Wayan Dipta, dan Bintang Puspayoga pada pembukaan Expo Nusantara TMII bertajuk “Tekstil Tradisional Nusantara” di Sasana Kriya TMII, Jakarta, Kamis (19/4/2018) sore. -Foto: Sri Sugiarti.

Dengan stabilitas ekonomi yang sehat dan dinamis, kata Wayan, maka kreativitas budaya dapat terwujud. “Karena produk budaya ini tak hanya ekspresi nilai budaya, tapi juga dituntut memiliki nilai ekonomis,” tegasnya.

Usai membuka Expo Nusantara TMII, Wayan meninjau area pameran. Ada pun serangkaian acara dalam Expo Nusantara TMII, antara lain kerajinan tekstil Nusantara, pameran produk unggulan daerah, pameran ke-6 museum seluruh Indonesia, festival kuliner Nusantara, demo masakan Nusantara, dan berbagai talkshow. 

Baca Juga
Lihat juga...