Expo Nusantara TMII Wadah Inspirasi Usaha Kreatif Indonesia

Editor: Koko Triarko

466

JAKARTA – Direktur Umum Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Taufik Sukasah, mengatakan, Expo Nusantara TMII bertajuk “Tekstil Tradisional Nusantara” bertujuan untuk mengembangkan warisan seni dan budaya melalui pembangunan ekonomi nasional.

Menurutnya, kegiatan ini juga sebagai upaya promosi potensi produk-produk unggulan daerah dalam upaya mempromosikan anjungan provinsi di TMII. Dengan tema “Tekstil Tradisional Nusantara”, kegiatan ini memamerkan berbagai jenis kain tenun dari berbagai provinsi di seluruh Indonesia. Juga pameran produk unggulan daerah, festival kuliner nusantara, demo masak makanan nusantara, dan talks show tentang Usaha Kecil Menengah (UKM).

Direktur Umum TMII, Taufik Sukasah pada pembukaan Expo Nusantara TMII di Sasana Kriya TMII, Jakarta, Kamis (19/4/2018). -Foto: Sri Sugiarti.

“Selain itu, pameran kopi Nusantara bertema ‘kearifan lokal go international’ menampilkan aneka jenis kopi Nusantara bercita rasa tinggi”, katanya, dalam sambutan, pembukaan Expo Nusantara di Sasana Kriya TMII, Jakarta, Kamis (19/4/2018) sore.

Selain pameran tekstil, tambah dia, TMII juga menggelar pameran museum-museum di seluruh Indonesia dengan tema ‘Perempuan Indonesia, Sejarah dan Karya’. Juga menampilkan pergelaran Gita Natya Nusantara.

Taufik mengajak seluruh lapisan masyarakat  menjaga dan melestarikan seni budaya, martabat, dan jati diri bangsa. Sehingga dapat mendorong kemandirian ekonomi dan pertumbuhan pariwisata daerah.

“Diharapkan, kegiatan ini menjadi wadah inspirasi usaha kreatif masyarakat di daerah. Semoga acara ini juga bermanfaat bagi pelestarian dan pengembangan seni budaya bangsa,” tutupnya.

Baca Juga
Lihat juga...