Festival Pencak Silat Nusantara Meriahkan HUT ke 43 TMII

Editor: Irvan Syafari

JAKARTA — Rangkaian HUT ke 43 Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dimeriahkan dengan Festival Pencak Silat Nusantara V, yang digelar di Candi Bentar TMII, pada 13-15 April 2018.

Direktur Umum TMII, Taufik Sukasah mengatakan, festival ini agenda tahunan TMII bekerjasama dengan PB IPSI (Pencak Silat Seluruh Indonesia).

“Festival Pencak Silat ke V ini rangkaian kegiatan HUT TMII. Tujuannya untuk melestarikan dan pengembangkan budaya Indonesia, khususnya pencak silat,” kata Taufik dalam sambutannya saat membuka Festival Pencak Silat ke V di Candi Bentar TMII, Jakarta, Jumat (13/4/2018).

Sesepuh pencak silat, Eddie M Narapraya mengatakan, pencak silat merupakan akar budaya nusantara dengan nilai-nilai peradaban adat ketimuran yang selaras dengan kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Pencak silat ini bukan cuma olahraga tapi bagian dari jati diri kita dan budaya bangsa yang harus dijaga dan dilestarikan,” ungkap Eddie.

Sebagai sesepuh pencak silat, Eddie sangat bangga dengan semangat pesilat muda dari seluruh perguruan di Indonesia pada Festival Pencak Silat Nusantara ini.

Menurutnya, pencak silat sebagai warisan leluhur bangsa yang berkembang sejalan dengan sejarah masyarakat Indonesia. Maka budaya ini patut dilestarikan dengan memperkenalkan pencak silat kepada anak cucu kita.

“Saya bangga kepada anak-anak muda generasi penerus saya yang telah menorehkan prestasi di bidang olahraga tradisional warisan leluhur kita,” pungkas Eddie.

Lihat juga...