Forum Anak Jatinegara Galang Komitmen Tidak Merokok

256
Ilustrasi -Dok: CDN

JAKARTA – Prihatin terhadap dampak rokok, terutama pada anak-anak, mendorong Forum Anak Jatinegara melakukan aksi pengumpulan Kartu Komitmen Jatinegara Layak Anak Tanpa Iklan Rokok di Kelurahan Cipinang Besar Utara, Jatinegara, Jakarta Timur.

“Kami di Forum Anak memiliki fungsi sebagai pelopor dan pelapor. Kami berpikir harus melakukan inisiatif untuk mengurangi jumlah perokok anak di Jakarta,” kata pegiat Forum Anak Jatinegara Fajar Purnama, melalui siaran persnya, Senin (16/4/2018).

Siswa Kelas X SMA Negeri 53 Jakarta Timur itu menyatakan, jumlah perokok anak yang tinggi, dipicu kemudahan anak membeli dan mendapatkan rokok, membuat mereka prihatin dan mencari solusi untuk menekan jumlah perokok anak.

Setelah berdiskusi, akhirnya mereka merancang aksi Kecamatan Jatinegara Layak Anak dengan menggalang komitmen warga untuk tidak merokok dan menegur anak yang kedapatan merokok.

“Akhirnya, kami dari Forum Anak merumuskan pembuatan Kartu Komitmen dan merencanakan aksi penggalangan dukungan warga,” kata pegiat Forum Anak Jatinegara, Silviana.

Komitmen warga itu dituangkan dalam bentuk Kartu Komitmen dan pengumpulan tanda tangan warga untuk meminta mereka menjalankan tiga komitmen, yaitu tidak merokok di tempat umum dan di dekat anak-anak, menegur anak bila kedapatan merokok, dan bila warga tersebut berusia di bawah 18 tahun berkomitmen untuk tidak merokok serta mengajak teman-temannya untuk tidak merokok.

Sebagai pecontohan dipilih Kelurahan Cipinang Besar Utara. Aksi dilakukan pada Sabtu (14/4) dan mendapatkan dukungan dari Kecamatan Jatinegara serta Puskesmas Jatinegara.

Terkumpul 156 Kartu Komitmen yang akan diserahkan kepada Camat Jatinegara sebagai bentuk dukungan melindungi anak-anak dari bahaya rokok. “Aksi ini merupakan langkah awal dalam mendukung Jakarta Layak Anak. Ke depan, kami ingin berkolaborasi dengan Forum Anak lainnya di wilayah DKI Jakarta untuk terus menyuarakan dukungan mewujudkan Jakarta Layak Anak,” kata Silviana. (Ant)

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.