banner lebaran

Harga Rendah, Pengepul Pilih Jual Kopra dan Air Kelapa

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

578

LAMPUNG — Permintaan akan hasil kelapa yang belum tinggi membuat sejumlah pengepul hasil pertanian di wilayah Lampung Selatan menahan diri untuk membeli kelapa dari petani.

Karia (30) salah satu pemilik lapak penjualan hasil bumi menyebutkan, permintaan akan komoditas pertanian pada pertengahan Maret hingga April masih rendah.

“Permintaan akan kelapa saat ini memang belum tinggi namun kami tetap membeli dari petani untuk pasokan pasar lokal dan sebagian digunakan sebagai bahan baku pembuatan kopra,” terang Karia kepada Cendana News, Senin (2/4/2018)

Karia menyebut belum adanya kenaikan harga membuat kelapa dibeli dengan harga Rp1.250 per butir atau Rp2.500 per gandeng di tingkat petani. Di sejumlah pasar kelapa yang dijual bisa mencapai Rp3.000 per butir hingga Rp5.000 per butir tergantung ukuran.

Harga kelapa akan mengalami perubahan mendekati bulan suci Ramadan dengan kisaran harga Rp2.000 per butir atau Rp4.000 per gandeng. Di pasar tradisional harga bisa mencapai Rp6.000 hingga Rp7.000 tergantung ukuran.

kelapa
Karia, menyimpan air kelapa hasil pemecahan bahan baku pembuatan nata de coco [Foto: Henk Widi]
Menyiasati harga yang masih rendah, pembuatan kopra disebutnya jadi solusi. Saat ini ia menyebut harga kopra kering dengan proses pengasapan dijual dengan harga Rp7.000 per kilogram hingga Rp8.000 per kilogram. Sepekan ia mampu memproduksi sebanyak 500 kilogram kopra yang dijual ke pabrik produsen minyak kelapa.

Meski dibuat kopra hasil pemecahan kelapa masih menghasilkan air sebagai bahan baku pembuatan nata de coco. Permintaan air kelapa disebutnya bisa mencapai 50 jerigen per pekan.

“Permintaan bahan baku pembuatan minuman agar-agar kelapa meningkat sehingga permintaan air kelapa meningkat,” cetusnya.

Satu jerigen bisa menampung 20 liter air kelapa dengan harga jual Rp4.000 per liter. Sebanyak 50 jerigen berkapasitas 20 liter atau 1.000 liter bahkan bisa menghasilkan Rp4 juta.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.