Hari Purwanto: TMII akan Menjadi Pusat Pengembangan IPTEK

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

421

JAKARTA — Staf Ahli Bidang Infrastruktur Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti), Hari Purwanto menyampaikan apresiasi atas suksesnya perayaan HUT ke-43 TMII.

“Selamat HUT ke-43 TMII, semoga makin jaya dalam mengemban amanah pelestarian seni budaya bangsa,” kata Hari pada perayaan Puncak HUT ke 43 TMII di Theater Garuda TMII, Jakarta, Jumat (20/4/2018).

Menurutnya, memajukan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dan budaya dengan menjunjung tinggi nilai-nilai agama sangat penting dalam menjaga persatuan bangsa untuk kemajuan peradaban warisan leluhur.

“Jadi belajar IPTEK dan budaya tidak hanya untuk kita tapi juga memajukan peradaban dunia,” ucap Hari.

Pada kesempatan ini, Hari pun menyampaikan pesan Menristek Dikti, M.Nasir, yakni bahwa merawat kebudayaan dan keintelektual bisa menjadikan Indonesia bangsa yang besar di dunia.

“Pak Menteri juga, akan memperbaiki sarana Gedung PP-IPTEK TMII. Sehingga diharapkan ke depan menjadi pusat peraga nasional,” katanya.

Menurutnya, pengunjung tidak hanya datang ke TMII melihat seni budaya, tapi juga dapat belajar teknologi.

“Kami akan menjadikan TMII pusat pengembangan teknologi yang didukung oleh sumber-sumber IPTEK yang ada di Kalimantan Selatan (Kalsel), Jaya Pura, Aceh, Jawa, dan pelosok Indonesia,” ungkapnya.

Disampaikan juga, kalau bertanya tentang Indonesia, bisa bertanya di TMII. Sebaliknya kalau tidak bisa ke TMII bisa bertanya ke provinsi daerah.

“Pak Menteri berpesan agar Kalsel juga punya TMII. Yakni ada pusat IPTEK di Kalsel atau provinsi lainnya,” kata Hari.

Dengan begitu, menurutnya, kita tidak hanya belajar budaya tapi juga meningkatkan keunggulan kota di bidang IPTEK untuk kemajuan bangsa.

Menurutnya, memang tidak mudah, pasti butuh proses. Tetapi menampilkan budaya, merawat kebudayaan dan juga menghargai kebudayaan harus disenergikan dengan pengembangan teknologi.

Hari optimis Indonesia akan menjadi bangsa yang besar. Sebuah penelitian memprediksikan 20 hingga 25 tahun ke depan Indonesia akan menjadi bangsa yang besar nomor 5 dunia. 20-30 tahun ke depannya lagi akan menjadi bangsa yang besar keempat dunia.

“Asal kesemuanya berani berkurban untuk menjadi negara besar,” tukasnya.

Baca Juga
Lihat juga...