banner lebaran

Hari Sampah Nasional, Sungai di Banjarmasin Dibersihkan

254
Ilustrasi - Dok CDN

BANJARMASIN – Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina bersama ribuan masyarakat melakukan bersih-bersih sungai Tatas, yakni, sungai yang mengitari Mesjid Raya Sabilal Muhtadin untuk memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2018.

Giat bersih-bersih sungai Tatas ini sudah dilaksanakan sehari sebelum puncak peringatan hari peduli sampah nasional 2018 yang dipusatkan di menara pandang siring sungai Martapura di Jalan Piare Tendean, Minggu.

Wali Kota H Ibnu Sina bersama ribuan masyarakat lainnya mengangkat lumpur dan sampah di sungai tersebut secara manual.

“Ini sungai berada di pusat kota, kondisinya sekarang sudah teramat dangkal, kedalaman lumpurnya hingga lutut orang dewasa,” ujar Ibnu Sina.

Menurut dia, kegiatan membersihkan Sungai Tatas ini merupakan salah satu langkah yang diambil Pemkot Banjarmasin, untuk memelihara sungai yang letaknya tepat di jantung kota bermotto Kayuh Baimbai ini.

“Kita memilih Sungai Tatas karena memang ingin membersihkannya, makanya seluruh Satgas, Lurah, Camat, SKPD, termasuk komunitas harus juga ikut membersihkan kawasan ini, dengan catatan ke depannya tetap harus ada perbaikan, sehingga Sungai Tatas yang ada di jantung kota ini betul-betul bersih,” jelasnya.

Menurut H Ibnu Sina, untuk menjaga dan memelihara sungai di kota ini seluruh komponen masyarakat harus ikut terlibat.

“Kegiatan ini mengisyaratkan seluruh warga kota harus mendukung program bersih-bersih sungai. Tidak ada pilihan lain, tidak ada kata lain, seluruh warga harus terlibat dalam menjaga kebersihan sungai, karena sungai milik kita, sungai urat nadi kehidupan kita. Malu kalau sungai kotor,” tegasnya.

Sebab, tuturnya, Banjarmasin sudah bertekad akan menjadi Kota Sungai Terindah di Indonesia, karenanya sungai-sungainya harus diperbaiki dan dibersihkan, setidaknya ada sekitar 120 sungai di daerah ini yang masih aktif.

Dalam rangkaian peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2018 di Banjarmasin ini, dilaksanakan pula bersih-bersih lingkungan di kawasan car free day di Jalan Sudirman yang dihadiri Dirjen Pengelolaan Sampah Limbah dan B3 KLHK RI Rosa Titien Ratnawati. (Ant)

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.