Haryono: KKN Mahasiswa Dapat Menjadi Penggerak Masyarakat Desa

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

315

JAKARTA — Ketua Tim Pakar Kemendes PDTT, Prof. Dr. H. Haryono Suyono yang juga mantan Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional di era Presiden Soeharto yang terkenal dengan program Keluarga Berencana menyebutkan, Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu kegiatan yang sangat berguna untuk mendampingi masyarakat desa. Dimana mahasiswa semester enam atau tujuh akan tinggal di desa selama satu bulan atau satu setengah bulan.

“Dengan adanya kebersamaan, mahasiswa dapat mendidik masyarakat mengembangkan usaha agar bisa ikut aktif dalam kegiatan BumDes yang berkembang di desa,” sebutnya usai menggelar pertemuan dengan Menteri Desa PDTT, Eko Putro Sandjojo di Jakarta, Kamis (19/4/2018).

Disebutkan, dalam KKN banyak yang dapat dilakukan mahasiswa, yakni ikut membantu kegiatan PAUD dengan mengajak anak-anak balita sekolah secara dini, membantu ibu hamil dan anak balita dalam posyandu.

“Atau secara rajin mengajarkan pola hidup sehat, membangun kebun bergizi atau bahkan mempergunakan jamban keluarga untuk mencegah penyakit menular,” tambahnya.

Disebutkan, KKN mahasiswa juga akan memberikan dampak positif kepada remaja desa agar dapat menggali ilmu hingga banyak hal lainnya.

“KKN mahasiswa dapat memberikan dampak positif tentunya bagi remaja desa untuk bergabung dan bergaul dengan para mahasiswa memanfaatkan sarana olahraga dan membuat embung desa dan mengubahnya menjadi sarana rekreasi dengan permainan musik pada musim liburan,” jelasnya di ruangan kerjanya, kampus Trilogi, Selasa, 17/04/2018.

Banyak kegiatan sosial ekonomi yang dapat mendorong kehidupan masyarakat desa secara bertahap dan diperkenalkan menjadi kehidupan masyarakat modern.

“Tetap saling akrab dan menyatu dalam wadah pemahaman yang terpadu atas falsafah bangsa Pancasila,” ungkapnya mengakhiri pembicaraan.

Baca Juga
Lihat juga...