banner lebaran

IDEA Diharap Mampu Tingkatkan Produktivitas Sapi Perah

170
Ternak Sapi Perah - Foto: Dokumentasi CDN

JAKARTA – Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementerian Pertanian berharap Program Kemitraan Indonesia dan Selandia Baru dapat meningkatkan produktivitas sapi perah di Indonesia.

Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak Ditjen PKH Sugiono mengatakan, Program Kemitraan Indonesia Dairy Excellence Activity atu IDEA dapat mewujudkan adanya peternakan kecil (mini farm) sapi perah di Jawa Tengah menjadi seperti di Selandia Baru. “Saya ingin kegiatan kerja sama ini benar-benar bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas sapi perah dan memacu produksi susu segar dalam negeri,” kata Sugiono, Sabtu (14/4/2018).

Sugiono menjelaskan, Indonesia saat ini memiliki populasi sapi perah 544.791 ekor dengan produksi 920,1 ribu ton susu segar. Jumlah produksi tersebut hanya mampu memenuhi 20 persen dari total kebutuhan susu nasional yang mencapai 4,448 juta ton.

Saat ini tingkat konsumsi susu di Indonesia baru mencapai 16,53 liter per kapita per tahun. Angka tersebut masih sangat rendah apabila dibandingkan dengan negara-negara tetangga seperti Malaysia, Thailand, Singapura dan Filipina yang sudah mencapai 20 liter per kapita per tahun.

Melalui Program IDEA, Sugiono berharap dapat membantu mengedukasi masyarakat tentang arti pentingnya susu segar bagi pemenuhan kebutuhan gizi sehingga dapat meningkatkan konsumsi susu masyarakat di Indonesia. “Kondisi peternakan sapi perah di Indonesia saat ini, 99 persen sapi perah di Indonesia masih dipelihara di Pulau Jawa terutama di daerah dataran tinggi,” tambahnya.

Sementara itu, masyarakat konsumen susu tersebar di seluruh wilayah Indonesia baik di dataran rendah maupun dataran tinggi. “Kita perlu mengembangkan sapi perah di seluruh bumi nusantara, sehingga akses terhadap susu segar menjadi semakin dekat dan mudah diperoleh masyarakat,” tandasnya.

IDEA merupakan proyek kerja sama antara Pemerintah Selandia Baru dengan Indonesia, diharapkan dapat benar-benar memberikan manfaat untuk peternakan sapi perah di Indonesia. Proyek yang berlangsung selama 8 tahun dan sudah dimulai sejak 2015 tersebut diharapkan dapat benar-benar bermanfaat.

Dua provinsi  yakni Jawa Tengah dan Sumatera Barat menjadi proyek percontohan dalam program tersebut. Fokus kerja samanya adalah kerja sama teknis di bidang persusuan dengan tujuan untuk meningkatkan produktivitas dan profitabilitas yang berkelanjutan dan nilai ekonomi peternak sapi perah.

Selama enam tahun ke depan, Proyek IDEA menargetkan mampu memberi manfaat kepada 5.000 peternak melalui kenaikan keuntungan peternak sebesar 50 persen. Kenaikan produksi susu sebesar 30 persen dan peningkatan kualitas susu yang memenuhi SNI pada peternak anggota kelompok binaan IDEA sebesar 90 persen. (Ant)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.