Jalan Lintas Barat Gorontalo Utara Tertutup Longsor

190
Ilustrasi -Dok: CDN

GORONTALO — Jalan lintas barat di Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, khususnya di Kecamatan Sumalata, Senin, tertutup longsor sejak pukul 19.30 Wita.

Danramil Sumalata, Kapten Inf Bustomi di Gorontalo, mengatakan, longsor dipicu tingginya intensitas hujan di wilayah itu sejak pukul 16.00 Wita.

“Hingga kini akses jalan dari dan ke wilayah ini masih tertutup longsoran, khususnya di lintas Sulawesi di Desa Lelato, Kecamatan Sumalata, dengan ketebalan longsoran mencapai 1 meter dan menutup badan jalan sepanjang 10 meter,” ujarnya.

Ia mengatakan, ada lima titik longsoran di lintas Sulawesi bagian barat itu, tetapi empat titik lainnya bisa dilalui motor. Materi longsor di Desa Lelato belum berhasil dibersihkan mengakibatkan menutup total akses jalan.

Bustomi mengatakan tidak ada korban jiwa pada longsor itu. Saat longsor terjadi tidak ada kendaraan yang melintas.

“Meskipun tidak ada korban jiwa serta kerugian materiil, dipastikan kendaraan dari wilayah Kabupaten Buol Provinsi Sulawesi Tengah maupun sebaliknya belum dapat melintas hingga saat ini,” ujarnya.

Pihak Koramil Sumalata bekerja sama dengan warga setempat masih terus berupaya membersihkan longsoran.

Koordinasi dengan pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten serta Pemerintah Desa terus dilakukan, di samping menyiagakan personel untuk mengantisipasi longsor susulan karena struktur tanah berbukit di sepanjang lintas Sulawesi itu rawan longsor.

“Kami berharap tidak terjadi longsor susulan di desa lainnya. Curah hujan masih cukup tinggi,” ujar Bustomi.

Sementara itu, pihak BPBD setempat masih berkonsentrasi melakukan evakuasi korban banjir di wilayah Kecamatan Anggrek.

“Pengerahan personel BPBD masih terkonsentrasi untuk penanganan korban banjir di Kecamatan Kwandang dan Anggrek,” ujar Yayan, personel BPBD setempat.[ant]

Baca Juga
Lihat juga...