banner lebaran

Ketua KPK Pastikan Penanganan Kasus Bank Century Jalan Terus

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

281

JAKARTA — Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo memastikan penanganan kasus dugaan korupsi Bank Century jalan terus. Saat ini ia masih menunggu kehadiran semua Pimpinan KPK yang saat ini kebetulan sedang ada kegiatan di sejumlah daerah.

Agus menjelaskan, kehadiran lima Pimpinan KPK sangat penting dalam membuat keputusan terkait penanganan perkara Bank Century.

“KPK telah selesai melakukan kajian terkait Bailout Bank Century, jadi dipastikan penyelidikan dalam kasus tersebut tetap dilanjutkan. Dalam waktu dekat lima Pimpinan KPK akan berkumpul untuk menindaklanjuti terkait penanganan kasus tersebut,” jelasnya di Gedung KPK Jakarta, Jumat (20/4/2018).

Pernyataan Agus tersebut sebagai tindak lanjut terkait dikeluarkannya perintah penetapan status tersangka dalam kasus Bank Century oleh Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan.

Agus juga menjelaskan bahwa ke depannya tidak tertutup kemungkinan menetapkan sejumlah pihak atau oknum sebagai tersangka dalam kasus Bank Century.

Pimpinan KPK telah menugaskan sejumlah penyidik dan Jaksa Penuntut Umum (JPU) untuk melakukan penyelidikan, pendalaman sekaligus memetakan siapa saja oknum yang diduga ikut terlibat di dalamnya.

Salah satu dasar atau pijakan yang dipakai KPK untuk mendalami kasus ini adalah dengan cara mempelajari jalannya persidangan hingga putusan atas nama terdakwa Budi Mulya.

Yang bersangkutan diketahui merupakan mantan pejabat BI yang telah divonis hukuman penjara pada 2014 setelah sebelumnya dinyatakan terbukti bersalah.

Agus juga menjamin bahwa lembaga anti korupsi (KPK) yang dipimpinnya tidak akan berkhianat atau secara tiba-tiba menghentikan terkait penanganan kasus korupsi yang sedang berjalan.

“KPK tidak mungkin berkhianat, jadi bisa dipastikan penanganan akan tetap dilanjutkan asalkan dengan sejumlah persyaratan, misalnya ada bukti-bukti kuat yang mengarah kesana pasti akan kita tindaklanjuti, termasuk dalam hal ini kasus Bailout Bank Century,” pungkas Agus Rahardjo.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.