banner lebaran

KPK: Yudi Widiana Dipindahkan ke Lapas Sukamiskin

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

207

JAKARTA — Yudi Widiana Adia, mantan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dipindahkan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukasmiskin, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Yudi divonis bersalah dan dijatuhi hukuman sembilan tahun penjara ditambah denda Rp500 juta serta hukuman subsider kurungan selama tiga bulan oleh Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta. Yudi dinyatakan bersalah karena telah menerima sejumlah uang yang diduga sebagai suap.

Kabiro Humas KPK Febri Diansyah menyebutkan, pemindahan tersebut dilakukan setelah jaksa eksekutor mengeluarkan surat perintah eksekusi atau pemindahan terhadap terpidana Yudi.

“Yudi Widiana Adia hari ini resmi dipindahkan menuju Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat. Yang bersangkutan dipastikan sudah berada di sana untuk menjalani masa hukuman penjara selama sembilan tahun sesuai dengan vonis yang dikeluarkan oleh pihak pengadilan,” kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah di Gedung KPK Jakarta, Kamis (19/4/2018).

Menurut Febri keputusan pemindahan tersebut dilakukan setelah kasus perkara korupsi yang menjerat Yudi dipastikan telah mempunyai kekuatan hukum tetap yang dikeluarkan oleh pihak Pengadilan Tipikor Jakarta.

Yudi didakwa menerima sejumlah uang terkait proyek pembangunan jalan di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Wilayah IX yang membawahi Provinsi Maluku dan Maluku Utara. Kasus tersebut merupakan hasil pengembangan kegiatan Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang menjerat Damayanti Wisnu Putranti, mantan Anggota DPR RI.

Yudi diketahui telah menerima uang suap sebesar Rp11,1 miliar pada saat yang bersangkutan masih duduk sebagai Anggota Komisi V DPR RI 2014 hingga 2019. Selain itu Yudi diduga beberapa kali sempat menerima sejumlah uang suap yang berasal dari sejumlah proyek strategis di lingkungan Kementerian PUPR di wilayah Kalimantan.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.