KPU Tetapkan DPT Balikpapan 414.357 Pemilih

Editor: Irvan Syafari

602

BALIKPAPAN — Komisi Pemilihan Umum (KPUD) Balikpapan berhasil menyelesaikan rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Gubernur Kaltim dengan jumlah sebanyak 414.357 jiwa yang tersebar di enam Kecamatan. Jumlah itu terdiri dari pemilih laki-laki sebanyak 207.912 dan pemilih perempuan sebanyak 206.445.

Hasil rekapitulasi daftar pemilih tetap melalui proses yang cukup panjang sejak awal Januari pada pelaksanaan checklist hingga pemutakhiran data lebih detail lagi oleh petugas KPU Balikpapan. Dalam proses pendataan pemilih tetap ditemukan pemilih ganda dan lainnya sehingga jumlah itu mengalami penurunan dari jumlah sebelumnya.

“Bahwa dalam penetapan DPT prosesnya sangat panjang diawali 20 Januari checklist, memastikan data pemilih. Kemudian ditetapkan pleno provinsi, kemudian penetapan DPT agak unik. Dari DPS disahkan menjadi DPT mengalami sedikit perubahan sehingga ditemukan hasil akhirnya,” ucap Ketua KPU Balikpapan, Noor Thoha dalam Konferensi Pers, Jumat (20/4/2018).

Menurutnya, dalam proses penetapan DPT pemilihan gubenur untuk Kota Balikpapan melalui proses yang panjang. Bahkan dalam penetapan DPT juga diwarnai dengan sanggahan dari beberapa elemen. Dari hasil reakpitulasi itu dari 34 kelurahan dengan jumlah TPS sebanyak 1.363.

“Itu semua proses dalam penetapan DPT sehingga apa yang dihasilkan hari ini sudah direkap dengan baik oleh petugas. Meskipun ada sanggahan tidak merubah data yang sudah ditetapkan,” katanya.

Dalam rekapitulasi katanya ditemukan pemilih ganda, pemilih yang sudah meninggal dan pemilih yang sudah pindah domisili. Karena itu terjadinya penurunan, namun juga mengalami penambahan pada pada pemilih pemula atau pemilih yang baru berusia 17 tahun.

“Pemilih pemula yang nantinya mendekati hari pencoblosan berusia 17 tahun sudah dapat menggunakan hak suaranya. Dengan memberikan surat keterangan dari KPU sehingga nantinya mereka dapat menggunakan hal suara,” sambung Anggota KPU Balikpapan Purwo Atmojo.

Ia menambahkan KPU juga memprioritas mereka yang masuk usia 17 tahun pada saat hari pencoblosan karena nantinya mereka sudah dapat menggunakan hak suaranya sesuai dengan aturan yang berlaku.

Usai pelaksanaan rekapitulasi Data Pemilih Tetap ditetapkan oleh KPU Balikpapan, hasilnya secara simbolis juga diberikan ke masing-masing perwakilan calon pasangan Gubernur dan calon Wakil Gubernur Kaltim 2018, Dinas Catatan Sipil dan kependudukan serta instansi lainnya.

Ketua KPUD Balikpapan Noor Thoha bersama komisioner KPUD Balikpapan dalam konferensi pers rekapitulasi DPT Pilgub Kaltim

Baca Juga
Lihat juga...