Lanal Bengkulu Gelar Ekspedisi Pulau Enggano

337
Ilustrasi kapal TNI AL - Dok CDN

BENGKULU  – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Bengkulu melibatkan 183 orang mahasiswa dan dosen dari Universitas Bengkulu untuk mengikuti Ekspedisi Pulau Enggano sebagai rangkaian kegiatan menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-31 Lanal Bengkulu.

“Para mahasiswa dan dosen yang ikut ekspedisi ini akan menggelar kuliah lapangan bersama pengabdian masyarakat,” kata Komandan Lanal Bengkulu, Letkol Laut (P) Agus Izudin di Bengkulu, Minggu.

Ia mengatakan para peserta ekspedisi telah diberangkatkan menggunakan KRI Teluk Sibolga-536 dari Pelabuhan Pulau Baai, Kota Bengkulu pada Sabtu (14/4) malam.

Kegiatan kuliah lapangan bersama pengabdian masyarakat tersebut akan berlangsung hingga 21 April 2018.

Danlanal berharap para mahasiswa yang terlibat dalam ekspedisi tersebut dapat menambah ilmu pengetahuan, wawasan dan pengalaman selama di Pulau Enggano.

“Indonesia akan menjadi negara maritim besar bila sumber daya manusianya mampu mengembangkan potensi kelautan dan menjadikan laut sebagai penghubung antar pulau terdepan,” kata dia.

Pulau Enggano yang berada di tengah Samudera Hindia merupakan pulau terluar yang masuk dalam wilayah administrasi Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu.

Di pulau tersebut terdapat lebih 3.000 jiwa penduduk yang bermukim di enam desa yakni Kahyapu, Apoho, Meok, Banjarsari, Kaana dan Malakoni.

Para peserta kata dia akan berinteraksi dengan masyarakat pulau terdepan itu dan menggelar sejumlah bakti sosial antara lain pengecatan masjid, gereja dan fasilitas umum lainnya.

Danlanal mengatakan selain menggelar ekspedisi ke Pulau Enggano, rangkaian HUT Lanal Bengkulu yang diperingati puncaknya pada 23 April 2018 juga akan menggelar berbagai perlombaan yang melibatkan masyarakat umum antara lain lomba dayung dan bola voli. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...