Layanan ‘Doyan’ Permudah Layanan Administrasi Masyarakat Balikpapan

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

302

BALIKPAPAN — Program layanan Doyan (Dokumen Ok Saya Antar) yang diterapkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Balikpapan sejak Oktober 2017 memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam pengurusan akte kematian, akte kelahiran, dan Kartu Keluarga.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Balikpapan, Chairil Anwar menjelaskan, dalam sehari, pihaknya mampu melayani 10-15 orang, baik dalam pengantaran hingga pelayanannya.

“kalau lokasinya kebetulan jauh kita tawarkan layanan Doyan. Dalam sehari itu bisa 10 sampai 15 orang yang gunakan layanan itu,” sebutnya.

Bekerja sama dengan Bank Kaltim dan Kantor Pos, dokumen yang diantar menjangkau lokasi sulit atau masyarakat yang harus menggunakan dua kali transportasi saat datang ke kantor Disdukcapil.

“Ini merupakan layanan pengantaran dokumen, dimana ongkosnya ditanggung bank Kaltim dan pengantaran dokumen oleh Kantor Pos di Balikpapan,” terangnya Jumat (20/4/2018).

Disebutkan, pihaknya akan terus melakukan terobosan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat.

“Doyan dulu kita maksimalkan, nanti ke depan akan ada program lagi khususnya dalam pelayanan, tapi nanti,” tambahnya.

Ditambahkan, selain Doyan, pihaknya juga memaksimal pelayanan menggunakan kendaraan milik Disdukcapil yang ditempatkan di lokasi yang jauh dari perkotaan seperti Kecamatan Timur, Karangjoang, Kariangau dan Balikpapan Barat.

“Layanan ini melayani administrasi kependudukan kecuali perekaman elektronik KTP. Karena tidak ada perlengkapan untuk itu sehingga untuk perekaman masih harus dilakukan di Kantor,” tukasnya.

Dia mengharapkan dari terobosan layanan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Balikpapan dapat memudahkan masyarakat dalam pengurusan administrasi.

“Harapannya terobosan-terobosan yang dilakukan terus memudahkan masyarakat dalam pelayanan dan tetap transparan,” tutupnya.

Lihat juga...