Mangrove di Balikpapan Masih Tercemar Tumpahan Minyak

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

195
Kepala Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan Balikpapan, Yosmianto. Foto: Ferry Cahyanti

BALIKPAPAN — Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan Balikpapan mengakui mangrove di Pesisir Teluk Balikpapan masih tercemar. Hal tersebut menyebabkan ikan menjauh dari ekosistem tersebut dan berdampak pada merosotnya hasil tangkapan nelayan.

Wilayah pesisir terdampak seperti diketahui di antaranya Sepinggan, Kampung Baru, sebagian Klandasan, Kariangau, dan sungai AURI. Dampak tersebut jika melihat dari pernyataan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti perairan baru bisa kembali ke seperti semula setelah enam bulan.

“Memang ada efek ke nelayan, percuma kalau cari ikan di tempat tercemar, nggak ada juga. Otomatis ikan akan menjauh,” kata Kepala Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan Balikpapan, Yosmianto, Senin (16/4/2018).

“Laut memang lebih bersih dari sebelumnya. Tapi untuk mangrove masih belum karena masih butuh pemulihan juga,” tambahnya.

Disebutkan, dilihat dari segi perikanan, konsentrasi pembersihan belum sampai mangrove.

“Kami tunggu saja, karena kewenangan kan di DLH juga soal pembersihan ini,” tegas pria yang disapa Yos.

Sementara itu, Manager HSE Refinery Pertamina J. Prihartanto mengungkapkan, pemetaan sebaran daerah terdampak ceceran yang mungkin belum termonitor oleh pihak Pertamina terus dilakukan.

“Dukungan pemerintah daerah menjadi hal yang penting, salah satunya untuk memetakan daerah terdampak”, ujar Prihartanto.

Lanjut Prihartanto, Grand Strategy yang dicanangkan terdiri dari 3 tahapan. Pertama, melakukan verifikasi kondisi awal, dilanjutkan dengan strategi pembersihan dan terakhir dilakukan kembali verifikasi pasca pembersihan.

“Tim akan menggunakan score card yang nantinya akan ditandatangai apabila telah disepakati oleh semua anggota tim. Beberapa aspek yang ditinjau adalah pengamatan secara visual, persentase kebersihan dan dilengkapi dengan kolom tindak lanjut,” sebutnya.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.