banner lebaran

Peduli Pantai Mentawai, Prajurit TNI Gelar Karya Bhakti

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

250

MENTAWAI — Komando Distrik Militer (Kodim) 0319/Mentawai, Sumatera Barat, menggelar Karya Bhakti kepedulian terhadap lingkungan. Sasaran kepedulian dilakukan di sepanjang Pantai Mapaddegat dan Pantai Jati di Desa Tua Pejat Kecamatan Sipora Utara.

Kasdim 0319/Mentawai Mayor Czi Purwadi mengatakan, Karya Bakti TNI kepedulian terhadap lingkungan merupakan salah satu bagian dari Pembinaan Teritorial (Binter) TNI AD yang bertujuan untuk membangun soliditas yang kokoh antara prajurit dengan Pemda dan komponen masyarakat lainnya.

Kasdim menjelaskan, untuk sasaran karya Bhakti itu dibagi menjadi dua sektor di antaranya sepanjang Pantai Mapaddegat dan Pantai Jati.

“Dari kegiatan ini kita harapkan kemanunggalan TNI dengan rakyat yang selama ini terbina dengan baik akan bertambah erat,” katanya, Kamis (19/4/2018).

Ia menyebutkan, kegiatan tersebut diikuti oleh sejumlah elemen masyarakat setempat termasuk dari pelajar. Intinya, selain memperat kesatuan, kegiatan tersebut juga dapat mengajarkan pentingnya menjaga kebersihan pantai.

Menurutnya, dalam kegiatan peduli lingkungan itu, TNI juga menyampaikan kepada sejumlah pihak yang hadir untuk bersama-sama menjaga pantai.

“Kalau pantainya kotor, cukup banyak biota laut jadi terganggu. Apalagi masyarakat Mentawai sebagai besar bergantung kepada laut seperti nelayan yang menangkap ikan. Jadi, pantai perlu lebih diperhatikan,” tegasnya.

Ia meminta kepada masyarakat setelah adanya kegiatan bersih bersih pantai itu, ke depan lebih meningkatkan kesadaran. Sehingga jangan sampai ada lagi, setelah dibersihkan sekarang, pantai malah kembali kotor.

mentawai
Kasdim 0319/Mentawai Mayor Czi Purwadi (tengah) memberikan arahan kepada peserta Karya Bhakti kepedulian lingkungan pantai di Kabupaten Kepulauan Mentawai. Foto: Ist

Sementara itu, masyarakat yang turut melakukan kegiatan bersih pantai, Hendri mengatakan, pantai yang ada di Mentawai pada umumnya bukanlah dikotori oleh sampah masyarakat. Tapi merupakan sampah dari tanaman kelapa, seperti daun yang sudah tua, buah, dan pelapa yang turut bertebaran di tepi pantai.

“Maka dari kami sangat senang adanya kegiatan seperti ini. Setidaknya membuat kerja masyarakat di sini lebih ringan,” katanya.

Ia berharap, selain dari TNI yang peduli dengan Mentawai, seperti halnya kegiatan yang dilakukan hari ini, turut mengetuk keinginan pihak lainnya untuk turut peduli terhadap Mentawai.

“Kita di sini, soal pantai sangat kami jaga. Tapi, kami sangat mengucapkan terima kasih, karena telah peduli dengan lingkungan pantai di Mentawai,” akuinya.

Karya Bhakti tersebut diikuit prajurit Kodim 0319/Mentawai, ‎Anggota pos Lanal persiapan Kepulauan Mentawai, ‎Anggota Polres Kepulauan Mentawai, ‎Dinas Pariwisata Kabupaten Kepulauan Mentawai,‎ Dinas Lingkungan Hidup, Muspika, Personil Basarnas, ‎Personil Satpol PP, ‎Anggota Pramuka Saka Wira Kartika, ‎Tokoh masyarakat, serta ‎Masyarakat sekitar jati.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.