banner lebaran

Pemkab Lotim Wajibkan 25,8 Persen DD untuk Penanganan Kemiskinan

Editor: Koko Triarko

247
Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kabupaten Lombok Timur, Ahsanul Khalik/Foto: Turmuzi

MATARAM – Sebagai upaya penanganan masalah kemiskinan di Kabupaten Lombok Timur (Lotim), selain mengalokasikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), Pemkab Lotim juga mewajibkan setiap Kepala Desa menganggarkan 25,8 persen dana desa (DD).

“Untuk memperluas intervensi penanganan kemiskinan, khususnya di pedesaan, selain dari APBD, Pemkab Lotim juga mewajibkan setiap Kades mengalokasi 25,8 persen DD untuk penanganan kemiskinan di daerah pedesaan”, kata Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kabupaten Lombok Timur, Ahsanul Khalik, di Mataram, Selasa (17/4/2018).

Khalik pun berharap, kewajiban tersebut bisa dilaksanakan oleh setiap Kades, supaya penanganan masalah kemiskinan, khususnya penanganan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) bisa lebih cepat teratasi.

Ia bahkan mengancam, kalau kewajiban tersebut tidak dilaksanakan setiap Kades, maka Pemkab tidak akan melakukan proses pencairan DD, mengingat meski DD merupakan dana transfer langsung dari pemerintah pusat, tapi proses pencairan dilakukan melalui Pemkab Lotim.

“Anggarannya tidak akan kita cairkan, kalau sebagian DD sebagaimana kita minta dialokasikan untuk melakukan intervensi penanganan kemiskinan di desa” katanya.

Lebih lanjut, Khalik menambahkan, guna mempercepat dan memastikan realisasi DD bisa cepat dan tepat sasaran sesuai peruntukkan, pihaknya juga telah membentuk Satuan Tugas DD, masyarakat tentu juga diharapkan bisa ikut berperan aktif melakukan pengawasan.

Sebelumnya, Gubernur NTB, Zainul Majdi berharap, dengan adanya kenaikan DD, perangkat pemerintahan di desa dapat menggunakan dana desa dengan penuh tanggungjawab dan menghasilkan sesuatu yang bisa dinikmati oleh masyarakat.

“Harus lebih memberikan kemanfaatan bagi masyarakat desa, melalui kebijakan pembangunan yang dijalankan dengan sistem padat karya,” katanya.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.