banner lebaran

Persiapan Mudik, Sejumlah Fasilitas di Pelabuhan Bakauheni Diperbaiki

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

349

LAMPUNG — Dua bulan sebelum hari raya Idul Fitri, PT. Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry cabang Bakauheni terus membenahi sejumlah fasilitas. Di antaranya area akses penumpang pejalan kaki menuju ke kapal (gangway), movable bridge (MB), fender dermaga dua, side ramp dan fasilitas jalur pengurus kendaraan.

Anton Murdianto, General Manager PT.ASDP Indonesia Ferry cabang Bakauheni menyebutkan, perbaikan dilakukan untuk memberi kenyamanan pengguna jasa penyeberangan dari Bakauheni menuju Merak maupun sebaliknya.

Hingga pertengahan bulan April, perbaikan dilakukan pada fasilitas gangway. Pengecatan dikerjakan sejak Maret dan diprediksi selesai pada Mei 2018. Jalur yang membentang dari dermaga 1, 2, 3 untuk jalur pejalan kaki tersebut memiliki dua jalur menghubungkan area pembelian tiket hingga ke dek penumpang.

Pembenahan gangway, disebutnya, tidak mengganggu aktivitas penumpang pejalan kaki yang akan naik dan turun kapal.

“Pengerjaan dilakukan secara bertahap di satu jalur. Jalur lain masih bisa digunakan dan dapat diselesaikan pada pertengahan Ramadan,” terang Anton saat dikonfirmasi Cendana News, Jumat (20/4/2018).

Sementara untuk fender nomor 10 di dermaga 2 Pelabuhan Bakauheni pasca ditabrak KMP Nusa Putera saat ini juga tengah diperbaiki. Fender yang mengalami kemiringan tersebut tidak berpengaruh signifikan terhadap kegiatan bongkar muat (port time) karena ada sembilan fender lain yang bisa digunakan.

Selain itu, Fasilitas movable bridge (MB), jembatan petugas kapal di dermaga 5 Pelabuhan Bakauheni ditargetkan selesai pada pertengahan Mei mendatang. Perbaikan selama dua bulan dari 19 Maret hingga 18 Mei membuat dermaga sementara waktu tidak dioperasikan. Namun untuk melayani aktifitas pelayaran, dermaga lainnya tetap beroperasi.

Pelabuhan Bakauheni
Anton Murdianto, General Manager didampingi Syaiffulail Maslul, Humas PT.ASDP Indonesia Ferry cabang Bakauheni Lampung [Foto: Henk Widi]
Sementara itu, kepala Gabungan Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (Gapasdap) dewan pimpinan cabang Bakauheni, Warsa menyambut positif. Ia menilai fasilitas pelabuhan saat ini sudah selayaknya diperbaiki.

“Gapasdap berharap semua dermaga bisa dioperasikan agar operasional kapal roro tidak terganggu dan dapat digunakan saat arus mudik dan balik lebaran,” papar Warsa.

Ia menambahkan, persiapan jelang lebaran juga dilakukan perusahaan pelayaran dalam penyiapan kapal. Faktor keselamatan kapal akan dilakukan sehingga setiap kapal akan mendapat surat izin berlayar setelah dilakukan uji petik.

Pengelolaan dan penerapan tiket kendaraan dan pejalan kaki yang akan menggunakan tiket online, sebut Warsa, juga telah dikoordinasikan memperlancar arus lebaran Idul Fitru tahun ini.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.