Petambak Udang Kendari Kesulitan Benih

177
Ilustrasi - Tambak udang / dok CDN

KENDARI – Petambak udang di Kendari, Sulawei Tenggara kesulitan memperoleh benih. Benih yang haru didatangkan dari luar daerah menjadi kendala yang membutuhkan solusi penyelesaian.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Agus Salim Safarullah mengatakan, untuk mengatasi masalah itu sedang diupayakan melakukan koordinasi dengan beberapa kabupaten sekitar Kota Kendari untuk bisa memasok benih udang. “Selama ini para petambak kita rata-rata memasok benih dari luar Sulawesi Tenggara (Sultra), hal ini menyebabkan harga benih tinggi,” tuturnya, Minggu (15/4/2018).

Selain benih udang dari luar Sultra, para pembudidaya udang di Kendari sebenarnya masih bisa berharap pasokan benih dari dua kabupaten di Sultra yakni Kabupaten Kolaka dan Kabupaten Bombana. Namun, pasokan benih udang dari dua kabupaten tersebut masih belum maksimal ketersediaannya.

Budi daya udang di Kendari sangat menguntungkan dan menjadi primadona para petambak atau para pembudidaya. “Karena tingkat permintaan warga sangat tinggi terutama dari restoran dan rumah makan. Selain untuk kebutuhan lokal, hasil budi daya udang dari Kendari banyak yang dibawa atau dijual ke luar Sultra,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.