Polres Lamsel Serahkan Kendaraan Operasional untuk Polwan

Editor: Irvan Syafari

315

LAMPUNG — Kepala Kepolisian Resor Lampung Selatan Ajun Komisaris Besar Polisi M Syarhan menyerahkan kendaraan operasional untuk Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) polisi wanita.

Penyerahan motor Bhabinkamtibmas polwan tersebut menurut AKBP M Syarhan merupakan bantuan dari Kapolda Lampung Inspektur Jenderal (Irjen) Suntana. Bantuan kendaraan roda dua untuk membantu para Bhabinkamtibmas Polwan di wilayah hukum Polres Lamsel.

Menurut Mantan Kapolres Tanggamus bantuan sebanyak enam unit kendaraan roda dua bagi Bhabinkamtibmas Polwan secara bersamaan sudah diserahkan oleh Kapolda Lampung. Total seluruhnya 23 unit, terdiri dari kendaraan roda dua untuk 11 Polwan Polres Kota Bandarlampung, 6 unit kendaraan roda dua untuk Polres Lampung Selatan, 2 unit kendaraan roda dua untuk Polres Metro, 3 unit kendaraan roda dua untuk Polres Tulangbawang dan 1 unit kendaraan roda dua untuk Polres Tanggamus.

“Dukungan kendaraan operasional dari Polda Lampung untuk para Bhabinkamtimbas Polwan diharapkan bisa meningkatkan kinerja para Polwan yang sangat dibutuhkan masyarakat dalam mendampingi kasus kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak,” ujar Syarhan di Mapolres Lampung Selatan, Jumat (20/4/2018).

Kehadiran polwan di setiap Polsek disebutnya merupakan langkah dari kepolisian dalam meminimalisir angka kekerasan terhadap perempuan dan anak. Keberadaan anggota reserse kriminal (Reskrim) Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) disebutnya akan membantu kasus yang menimpa perempuan dan anak.

“Selama ini Bhabinkamtibmas sudah ada di setiap polsek namun adanya tambahan polwan untuk mempermudah, mempercepat dan pelayanan masyarakat,” beber Kapolres.

Diberikannya bantuan kendaraan operasional roda dua diharapkan digunakan maksimal oleh Bhabinkamtimbas Polwan. Pembinaan keamanan dan ketertiban masyarakat akan lebih efektif melibatkan polwan terutama dengan sasaran masyarakat khususnya perempuan.

Selain sebagai Bhabinkamtibmas bekal Undang Undang Perlindungan Perempuan dan Anak serta penanganan kasus yang melibatkan perempuan dan anak diberikan kepada para polwan.

Ia juga mendorong para Bhabinkamtibmas Polwan agar berkoordinasi dengan tokoh adat, tokoh agama dan pihak terkait di setiap Polsek Bhabinkamtibmas Polwan ditempatkan.

Penyerahan bantuan kendaraan roda dua untuk operasional Bhabinkamtimbas polwan disebutnya, juga menyambut hari Kartini setiap 21 April. Kehadiran polwan sebagai bentuk peningkatan derajat wanita sebagai pengayom masyarakat menjadi Kartini masa kini yang bisa berprofesi sejajar dengan pria.

“Polwan menjadi contoh Kartini masa kini yang memiliki tugas dan peran sejajar dengan pria ,karenanya sejajar dengan Bhabinkamtibmas pria di setiap Polsek,”cetusnya.

Sebanyak enam polsek di Polres Lamsel menerima bantuan kendaraan roda dua untuk Bhabinkamtibmas polwan. Enam polsek tersebut diantaranya Polsek Sidomulyo sebanyak 1 unit kendaraan roda dua, Polsek Kalianda 2 unit, Polsek Tanjungan sebanyak 1 unit, Polsek Penengahan sebanyak 1 unit dan polsek Palas sebanyak 1 unit.

Brigadir Dua (Bripda) Depi Sulistyowati, Bhabinkamtibmas polwan dari Polsek Penengahan mengatakan, bantuan kendaraan roda dua dari Kapolda Lampung akan digunakan untuk melakukan tugasnya sebagai Bhabinkamtibmas polwan.

Kendaraan operasional tersebut sekaligus menjadi penyemangat bagi dirinya sebagai polwan yang ditempatkan di polsek. Kendaraan roda dua sekaligus mempermudah pembinaan keamanan dan ketertiban di masyarakat yang membutuhkan polwan.

Penyerahan kendaraan roda dua operasional Bhabinkamtibmas polwan tersebut dilakukan oleh Supriyanto selaku Asisten Bupati Lampung Selatan Bidang Pemerintahan dan sejumlah tokoh adat dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Lamsel.

Selain diserahkan kendaraan roda dua kelangkapan surat kendaraan serta helm juga diberikan kepada sebanyak enam Bhabinkamtibmas polwan di sebanyak lima Polsek yang ada di wilayah hukum Polres Lamsel.

Baca Juga
Lihat juga...