banner lebaran

Poltek Batulicin Siap Sokong SDM Industri di Tanah Bumbu

Editor: Irvan Syafari

295
Poltek Batulicin Siap Sokong SDM Industri di Tanah Bumbu-Foto; Arief Rahman.

BANJARMASIN — Politeknik Batulicin memastikan ke depannya akan lebih banyak berkontribusi dalam menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM), yang berkompeten untuk memenuhi kebutuhan industri yang berkembang di Kabupaten Tanah Bumbu.

Menurut Direktur Politeknik Batulicin Fahrani, sejauh ini untuk bisa mencapai hal tersebut pihaknya sudah membuka empat jurusan, di antaranya teknik pertambangan, perkapalan, manufaktur hingga alat berat.

“Semua jurusan tadi untuk menopang SDM di bidang pertambangan yang industrinya kini di Kabupaten Tanah Bumbu sedang berkembang,” jelasnya, Kamis (19/4/2018).

Selain empat jurusan tersebut rencananya ke depan, pihaknya akan mencoba mengembangkan jurusan lainnya, salah satunya teknologi industri pertanian. Hal ini sebagai salah upaya menindaklanjuti rencana Kabupaten Tanah Bumbu, yang ingin mengembangkan sektor industri pertanian di daerahnya.

“Jadi kalau jurusan ini sudah mulai dibuka nantinya, kami harapkan lulusan Politeknik Batulicin nantinya bisa ikut membantu para petani di Tanah Bumbu untuk meningkatkan produktifitas hasil pertaniannya melalui teknologi tepat guna yang dikembangkan oleh mereka,” tegasnya.

Fahrani juga menambahkan, bukan hanya pengembangan jurusan, pengembangan infrastruktur kampus pun juga terus diusahakan pihaknya agar SDM yang dihasilkan Politeknik Batulicin makin berkompeten ke depannya.

Salah satunya rencana pengembangan kampus baru dilahan 50 hektar yang belum lama tadi dihibahkan oleh Pemprov Kalsel untuk bisa membangun Kampus Politeknik Batulicin agar lebih representatif lagi.

“Rencananya pembangunannya akan kita mulai pada akhir 2018 mendatang dengan bantuan dana dari pemerintah pusat. Kami harapkan jika sudah dibangun akan makin banyak putera daerah masa mendatang. yang menuntut ilmu di Politeknik Batulicin,” harapnya.

Sebelumnya, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor berharap Perguruan Tinggi di Kalsel bisa terus berbenah diri guna meningkatkan kualitas SDM yang lebih baik di Banua kedepannya.

Dengan begitu SDM lokal di Kalsel bisa turut menopang pertumbuhan industri yang berkembang di Kalsel. Selain itu perusahaan yang berinvestasi membangun pabrik di Kalsel pun tidak perlu lagi harus direpotkan mencari SDM dari luar daerah.

“Kami dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel siap besinergi dengan Perguruan Tinggi untuk bisa mencetak SDM yang berkualitas. Dengan kualitas SDM lokal yang semakin baik tentunya angka pengangguran di Kalsel bisa ikut ditekan,” pungkasnya.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.