hut

Prannoy Lolos Semifinal BAC 2018

Ilustrasi badminton - Foto: Dokumentasi CDN

JAKARTA – Pemain tunggal putra India, Prannoy Haseena Sunil Kumar lolos secara mengejutkan ke putaran semifinal Kejuaraan Bulu Tangkis Asia (Badminton Asia Championships/BAC) 2018 kategori perorangan.

Prannoy yang tidak berstatus unggulan dalam kejuaraan, mampu  menumbangkan unggulan dua asal Korea Selatan, Son Wan Ho dalam gim rubberset. Pertarungan tiga gim keduanya berlangsung selama 72 menit yang berkesudahan 18-21, 23-21, 21-12.

Pertarungan kedua pemain berlangsung alot sejak awal gim pertama. Keduanya saling kejar-mengejar angka. Saat Prannoy memimpin 9-8, Son mampu membalikan keadaan menjadi 9-11. Selanjutnya, Son mampu memimpin laju poin dalam pertarungan ini. Namun, hal tersebut tak berlangsung lama karena Prannoy mampu kembali menyeimbangkan poin usai tertinggal lebih dulu 10-13.

Dalam keadaan tertinggal 14-20, Prannoy perlahan mendekati poin wakil Korea Selatan dan akhirnya Son mampu mengunci kemenangan dengan skor tipis 21-18. Hampir bisa menumbangkan Son yang merupakan tunggal putra terbaik Korea Selatan, memberikan tambahan semangat Prannoy menjalani laga di gim kedua.

Sejak awal gim kedua, wakil India yang mengidolakan pebulu tangkis legendaris Indonesia, Taufik Hidayat tersebut, mampu unggul poin atas Son. Tercatat dia unggul dengan skor 4-0, 7-1 dan 10-3. Namun, Son yang saat ini menempati peringkat dua dunia, mampu menunjukan kelasnya dan mengejar perolehan poin dari Prannoy. Saat tertinggal 11-14, Son mampu menyamakan kedudukan 14-14, bahkan memimpin dengan 16-15 dan 19-18.

Prannoy yang tak mau melepaskan begitu saja kesempatannya untuk melaju ke semifinal, mampu mengejar dan membalikan keadaan 20-19. Namun, Son tak mau menyerah dan mampu kembali menyeimbangkan kedudukan yang menyebabkan terjadinya dua kali deuce di posisi 20-20 dan 21-21. Hingga akhirnya wakil India itu berhasil menyeimbangkan 1-1 dan memaksakan dimainkannya gim penentu.

Di awal gim ketiga, Son mampu memimpin jalannya laga. Namun Prannoy yang kini duduk di peringkat 10 dunia, mampu membalikan keadaan dari tertinggal 3-5 menjadi 6-5 walau kembali disamakan oleh Son. Saat kedudukan imbang itulah, momentum bagi Prannoy datang. Usai unggul 8-6, wakil India terus memimpin jalannya laga dengan mencetak banyak angka menjadikan kedudukan 12-7 dan 16-8.

Son berusaha mengejar, namun dia hanya mampu memperkecil ketertinggalan 12-16, sebelum akhirnya wakil India memastikan kemenangan dengan dulangan lima poin beruntun yang sekaligus mengunci tiket semifinal menjadi miliknya.

Di semifinal, Prannoy akan kembali menantang pemain top dunia. Kali ini lawannya adalah unggulan tiga asal China, Chen Long, yang maju ke semifinal usai menundukan Ng Ka Long Angus (Hong Kong) 22-24, 21-15, 21-17, di perempat final. (Ant)

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!