Sayur Tumis Bunga Pepaya ala Flores

Editor: Satmoko

731

MAUMERE – Bunga pepaya bagi orang Flores biasanya dipergunakan sebagai campuran untuk membuat sayur Rumpu Rampe. Namun selain itu bunga pepaya juga bisa dibuat sayur tumis bunga pepaya yang menggunakan bunga pepaya atau dicampur dengan sedikit daun pepaya.

“Biasanya orang lebih suka mencampur bunga pepaya dengan sedikit daun pepaya, daun singkong, kangkung dan lainnya untuk membuat sayur Rumpu Rampe. Namun ada juga yang memanfaatkan bunga pepaya untuk dijadikan sayur tumis bunga pepaya,” ujar Maria Magdalena, Sabtu (21/4/2018).

Kepada Cendana News, Maria menjelaskan, bunga pepaya terlebih dahulu dipisahkan dari batangnya dan direbus bersamaan dengan sedikit daun pepaya muda. Untuk menghilangkan rasa pahit, bunga dan daun pepaya direbus bersamaan dengan beberapa helai daun Kudo (bahasa Floresnya daun Reo).

Maria Magdalena, warga kota Maumere yang selalu memasak sayur tumis bunga pepaya untuk dikonsumsi. Foto: Ebed de Rosary

“Orang lebih suka menggunakan daun Reo untuk menghilangkan rasa pahit dibandingkan dengan daun jambu mete. Semakin banyak daun Kudo atau daun Reo yang dipergunakan, rasa pahitnya berkurang,” tuturnya.

Setelah air mendidih selama 20 sampai 30 menit dan bunga pepayanya lembek, angkat rebusan bunga pepaya tersebut. Tiriskan airnya hingga kering dan pisahkan daun Kudo atau daun Reo dari bunga pepaya tersebut.

Lusia Dua Lodan, warga lainnya yang turut serta memasak tumis bunga pepaya menambahkan, bumbu yang dipergunakan juga tidak banyak yakni bawang merah, bawang putih, terasi secukupnya, cabai rawit dan juga cabai merah.

“Terasi dibakar terlebih dahulu lalu dihaluskan bersama dengan bawang merah, bawang putih dan cabai rawit. Bumbu yang sudah dihaluskan ini digoreng hingga tercium bau harum lalu masukkan Lombok besar yang sudah diiris-iris dan diaduk merata beberapa saat.

Bunga dan daun pepaya, terang Lusia, dimasukkan ke dalam bumbu dan diaduk merata sambil memasukkan garam dan penyedap masakan sesuai selera. Sayur tersebut terus diaduk hingga matang dan campuran bumbunya merata, lalu diangkat.

“Ada yang hanya menggunakan bunga pepaya saja sementara ada juga yang mencampur dengan daun pepaya. Hampir semua pasar tradisonal di Flores menjual bunga pepaya termasuk daun pepaya,” pungkasnya.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.