Sindikat Iblis Beli Kartu ATM Dari Pencopet di Jakarta

Editor: Mahadeva WS

265

JAKARTA —- Sindikat pembobol Anjungan Tunai Mandiri (ATM) bernama Kelompok Iblis mendapatkan kartu ATM untuk menjalankan aksi dengan cara membeli dari kawanan pencopet jalanan. Dari dua sindikat yang berhasil dibekuk, jajaran Polrestro Jakarta Barat mengantongi puluhan kartu ATM nasabah berbagai bank.

Kasubnit Cyber Crime Kriminal Khusus Polrestro Jakarta Barat Iptu Dimitri Mahendra mengatakan, kartu-kartu ATM itu dibeli dari beberapa pencopet yang berada di kawasan Jakarta. “Jadi mereka ini mendapakan kartu ATM dengan membeli dari para pencopet tapi untuk berapanya (harga) masih didalami,” kata Dimitri di Mapolres Jakarta Barat, Selasa (17/4/2018).

Selain membeli, para pelaku juga menjalankan modus kartu ATM tertelan mesin ATM yang  telah diganjal oleh kawanan tersebut dengan tusuk gigi ataupun batang korek api. Para tersangka menemui pegawai mini market untuk mengeluhkan kehilangan kartu ATM yang akan kemudian direspon dengan ditunjukannya kartu ATM yang ditemukan terjatuh ataupun tertinggal di mulut mesin ATM.

“Dia pura-pura kehilangan ATM yang sebelumnya udah diganjal dengan tusuk gigi. Para pelaku mengaku kepada kasir kalo atm dia ketinggalan dan meminta kepada kasir,” ungkapnya.

Kartu-kartu ATM yang didapat dengan kedua cara tersebut sebelum dibobol, akan dikikis terlebih dahulu di bagian ujungnya. Pengikisan bertujuan agar ukuran kartu itu menjadi lebih kecil, sehingga dapat masuk kedalam mesin ATM yang sebelumnya telah diganjal dengan menggunakan korek api atau tusuk gigi.

Sebelumnya, tujuh anggota kelompok jaringan pembobol ATM yang mengatas namakan sebagai kelompok iblis menyerah setelah kakinya ditembus timah panas petugas. Satu pelaku yang disebut-sebut sebagai otak sindikat tersebu t hingga saat ini masih diburu.

Ketujuh anggota kelompok iblis itu berinisial, MY, AS, TB, M, RB, MF, dan CG yang ditangkap polisi di tiga lokasi berbeda. Tiga diantaranya ditangkap saat tengah beraksi di Green Mansion, Cengkareng, Jakarta Barat. Saat ini petugas kepolisian masih memburu AJ yang sudah menjadi Daftar Pencarian Orang Polres Metro Jakarta Barat.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.