Status Darurat, Pemkot Balikpapan Bagikan Masker ke Warga

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

262

BALIKPAPAN — Pemerintah Kota Balikpapan mulai membagikan masker kepada masyarakat di pesisir untuk meminimalisir dampak tumpahan minyak di perairan kota itu. Hingga Senin (2/4/2018) sudah lebih dari 12 kotak atau 600 masker yang dibagikan.

“Masker ini dibagikan kepada warga yang tinggal di wilayah pesisir untuk menghindari sesak nafas karena dampak bau tumpahan minyak yang menyengat,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Balerina JPP.

Disebutkan, masker diserahkan melalui posko yang dibangun di Kawasan Jalan Sepaku, Kelurahan Baru Ilir, Kecamatan Balikpapan Barat. Ini merupakan Kawasan terdekat dari lokasi tumpahan dan kebakaran kapal yang terjadi tiga hari yang lalu.

Balerina melanjutkan, pihaknya meminta orangtua tak membiarkan anak-anak mereka bermain di luar rumah untuk sementara waktu. “Ini untuk menghindari agar anak-anak tak mengalami gangguan pernafasan karena menghirup bau tumpahan minyak,” kata dia.

Meski demikian, sejauh ini DKK belum menerima laporan adanya masyarakat yang mengaklami sesak nafas atau gangguan kesehatan akibat peristiwa itu.

Tumpahan minyak
Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Balerina JPP. Foto: Ferry Cahyanti

Sementara Sekretaris Daerah Kota Balikpapan, Sayid MN Fadly mengimbau warga tak membawa bahan yang mudah terbakar, atau peralatan yang dapat memicu percikan api ke lokasi tumpahan minyak.

“Kami khawatir dapat menimbulkan bahaya kebakaran,” kata Sekretaris Daerah Kota Balikpapan, Sayid Fadli yang memimpin rapat darurat penanganan kebakaran Teluk Balikpapan.

Hingga Senin sore, tumpahan minyak semakin meluas. Hal ini terlihat di sepanjang pesisir pantai Balikpapan yang menjadi pusat kota. Dari pantauan Cendana News minyak berwarna hitam pekat terlihat di perkampungan Balikpapan Baru Kecamatan Balikpapan Barat, hingga mendekati Bandara Sepinggan di Kecamatan Balikpapan Selatan.

Upaya membersihkan tumpahan minyak ini dilakukan secara bersama-sama melibatkan TNI-Polri, Pertamina dan Kesyahbandaraan dan Otoritas Pelabuhan Balikpapan.

Baca Juga
Lihat juga...