banner lebaran

Stepi Anriani: Pendekatan Intelijen Raih Kemenangan Tanpa Politik Uang

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

484

JAKARTA — Pengamat Intelijen, Stepi Anriani menyebutkan dalam buku ‘Intelijen & Pilkada’ yang baru saja diluncurkannya menjelaskan terkait pendekatan baru dalam strategi politik dan pilkada, khususnya di Indonesia.

Berangkat dari pengalaman riil di lapangan, Stepi menunjukan pendekatan alternatif yaitu pendekatan intelijen untuk meraih kemenangan tanpa terjerumus ke dalam praktik politik uang (money politics)

“Ide awal penulisan buku saya memang besar dan fokus intelijen,” kata Stepi Anriani kepada Cendana News seusai peluncuran dan bedah buku ‘Intelijen & Pilkada’ di Jl. Matraman Raya No.46-50, Jakarta Pusat, Selasa (3/4/2018)

Stepi menerangkan, dirinya juga punya beberapa pengalaman terjun secara langsung terkait dengan politik.

“Jadi saya pikir kok teman-teman saya yang bagus-bagus takut terjun ke politik karena tidak punya uang, jadi saya padu padankan intelijen dan politik seperti koin dua sisi, dimana satu sisi poltik adalah cara mendapatkan kekuasaan dan satu sisinya lagi intelijen adalah rangkaian kegiatan yang dapat dilakukan untuk mencapai dan merebut kekuasaan itu,” ungkapnya mantap.

Stepi memandang pelaksanaan pilkada yang selama ini terjadi penuh kecurangan dengan deal-deal di belakang layar.

“Pendekatan intelijen bisa meminimalisir kecurangan yang terjadi maupun hal-hal negatif lainnya,’’ ujarnya.

Kalau intelijen negara memang sudah ada team cyber-nya sendiri, maksud Stepi masing-masing kandidat harus punya tim cyber sendiri.

“Ketika melawan musuh sudah tahu, musuh kelebihan maupun kekurangan seperti apa, dia akan menggunakan issue negatif untuk menyerang cyber, maka kita harus menggunakan apa, waktu diserang dengan meme ini, kontranya harus ada, “ paparnya panjang lebar.

“Kita harus mengikuti alur, orang bicara mengarah kemana, kita harus bisa mengikuti alurnya,” tegasnya.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.