Sulut Gencarkan Gerakan Pengurangan Pemakaian Plastik

288
Ilustrasi pengurangan plastik - Foto : Istimewa

MANADO – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Pemprov Sulut) gencarkan kebijakan pengurangan pemakaian plastik sebagai bagian dari upaya menjaga kelestarian lingkungan.

Sekretaris Daerah Provinsi Edwin Silangen menyebut, gerakan pengurangan plastik dideklarasikan pada acara Celebrate The Sea. “Pengurangan penggunaan plastik sudah dideklarasikan pada Celebrate The Sea bersama-sama dengan pengurangan penangkapan hiu yang dilindungi, mari sama-sama kita mendukungnya,” kata Edwin di Manado, Minggu (15/4/2018).

Edwin menyebut, Tuhan memberikan lingkungan hidup yang menyimpan berjuta manfaat, sehingga sudah menjadi tugas manusia untuk bersama menjaga dan melestarikannya agar bisa diwariskan ke generasi mendatang. Namun hingga kini, masih ditemukan praktik pencemaran lingkungan.

Perusakan lingkungan masih terjadi dan dilakukan oleh oknum-oknum yang dengan sengaja menyebabkan kualitas lingkungan terus menurun dari waktu ke waktu. “Kita masih menemukan pencemaran lingkungan serta barang-barang berbahaya di tengah masyarakat. Hal itu harus dihindari bahkan terus dikontrol agar lingkungan lestari dan terjaga,” tandasnya.

Pelaku perusakan lingkungan disebutnya, pasti akan berhadapan dengan peraturan perundang-undangan. Pemprov Sulut disebutnya akan menerapkan peraturan dengan menerapkan sanksi secara benar. “Kita harus menerapkan tindakan yang reperesif bagi oknum-oknum yang melakukan tindakan perusakan lingkungan hidup dan ini harus dilakukan dalam ranah hukum,” tegasnya.

Menurut pejabat yang pernah menjabat Kepala   Badan Lingkungan Hidup Sulut tersebut, semangat melestarikan lingkungan harus ditumbuhkan melalui upaya-upaya positif. “Perlu membangun kesadaran bersama bahwa pelestarian lingkungan harus dilakukan dalam rangka menjaga daya dukung lingkungan untuk generasi ke depan,” pungkasnya. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...