Tabur Puja Bantu Masyarakat Berbagai Aspek Usaha

Editor: Satmoko

263
Ketua Kelompok Tabur Puja Siti Sanida/Foto: M. Noli Hendra
SOLOK – Jejak Pemberdayaan Yayasan Damandiri – Tabur Puja Koto Hilalang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, berada di kawasan daerah pertanian. Daerah Koto Hilalang ini, pertaniannya beragam mulai dari bertani kakao, padi, cabai, dan jenis pangan lainnya. 
Hadirnya Tabur Puja menjadi harapan di daerah Koto Hilalang. Hal ini diakui oleh Ketua Kelompok Tabur Puja Siti Sanida yang turut menggairahkan dunia pertanian dan usaha pertanian rakyat.
Saat ini dengan memiliki 70 orang penikmat Tabur Puja, kondisi perekonomian masyarakat terlihat lebih hidup dibandingkan sebelum hadirnya Tabur Puja.
“Usaha rakyat di sini ada yang warung kelontong, menjahit, bertani, lontong gulai sarapan pagi, dan jual gorengan. Usaha mereka semua terlihat berkembang,” katanya, Sabtu (14/4/2018).
Berkembangnya usaha rakyat terlihat misalnya seperti warung kelontong. Dulu hanya menjual makanan ringan untuk anak-anak, kini bisa menjual kebutuhan rumah tangga dan untuk dapur.
Begitu juga untuk usaha menjahit. Awalnya hanya mendapatkan pesanan dari masyarakat sekitar. Kini dengan telah bisa memenuhi bahan seperti benang dan kain dasar, telah mampu melayani pesanan menjahit dalam jumlah yang banyak.
“Yang jelas, yang kita bantu itu ialah masyarakat yang memang ingin menjalankan usaha dan untuk keluarga kurang mampu. Bukan dari pinjaman untuk konsumtif kebutuhan rumah tangga,” ucapnya.
Ia menyebutkan, keberadaan Tabur Puja benar-benar mendapatkan respon yang positif dari masyarakat dan juga pemerintahan nagari di Koto Hilalang.
Bahkan, informasi adanya Tabur Puja untuk memberikan kemudahan dalam pinjaman lunak sistem Skim Tabur Puja, telah terkabar hingga ke pelosok nagari Koto Hilalang. Sehingga memudahkan Tabur Puja menjangkau masyarakat lebih jauh lagi.
“Perubahan kondisi ekonomi masyarakat sangat terlihat. Tentunya hal itu yang kita harapkan,” ujarnya.
Baca Juga
Lihat juga...