banner lebaran

Tabur Puja Bantu Petani Cabai di Kabupaten Solok

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

269

PADANG — Petani yang ada di Jorong Muaro Busuak, Nagari Koto Hilalang, Kubung, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, merasa bahagia karena usahanya turut dibantu permodalan oleh Tabur Puja Yayasan Damandiri.

Penerima aliran pinjaman Tabur Puja, Siti mengatakan, saat ini ia tengah bertani cabai merah. Lahan yang digunakan, sebelumnya digunakan untuk bertanam padi.

Melihat harga cabai merah terbilang cukup tinggi, Siti bersama kakaknya, Daini mencoba peruntungan dan meninggalkan bertanam padi untuk sementara waktu.

“Di sini airnya lancar. Tidak ada yang dipermasalahkan, cuma kita lagi ingin beralih bertanam dulu. Mana tahu ada rezeki ketika bertanam cabai merah,” katanya, Kamis (19/4/2018).

Ia mengaku hal utama yang membuatnya bisa memulai usaha berkat adanya pinjaman jasa rendah dari Tabur Puja yang ada di Koto Hilalang.

Pinjaman ia dapatkan digunakan untuk membayar upah pekerja membersihkan ladang dan membeli sejumlah keperluan seperti pupuk dan lainnya.

“Soal lahan sudah ada, bibit sudah ada. Jadi yang terkendala ialah membayarkan upah pekerja dan membeli sejumlah kebutuhan lainnya. Alhamdulillah Tabur Puja bisa membantu,” ucapnya.

Pinjaman awal sebanyak Rp2 juta rupiah yang ia peroleh, membuat Siti bersama sang kakak, dengan hati yang bahagia memulai berkebun di lahan sawahnya yang luas mencapai ribuan meter persegi tersebut.

Menurutnya, sebelumnya ia sempat ragu untuk memulai, karena tidak memiliki modal yang cukup. Apalagi untuk bertanam cabai merah, butuh dana awal cukup besar, supaya bisa tumbuh dengan baik.

Kini, cabai merah yang ditanam oleh Siti bersama Daini hampir memasuki masa berbuah. Diperkirakan dalam bulan Ramadhan mendatang, sudah dapat dipanen.

Tabur Puja
Siti tengah melakukan perawatan pada batang cabenya yang mulai ditumbuhi rumput/Foto: M. Noli Hendra

Sementara itu Daini mengatakan, untuk bertanam cabai merah di Jorong Muaro Busuak hingga saat ini belum ada persoalan yang berarti.

“Di sini hanya saya sendiri yang berkebun. Selebihnya bertanam padi. Memang hal ini cukup nekat. Tapi, saya ingin sekali mencobanya,” tegasnya.

Apalagi ada Tabur Puja yang mendukung usaha taninya. Membuat Daini menghabiskan hari harinya di kebun, supaya tanamannya tumbuh dengan baik.

“Target saya ke depan, kalau kali ini panennya bagus. Mau melanjutkan pinjaman. Karena ingin memperluas lahan,” ujarnya.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.