Taman Budaya Kalsel Gelar Malam Seni Budaya

460
Ilustrasi pertunjukan seni budaya - Foto: Istimewa

BANJARMASIN – Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan menggelar Malam Seni Budaya Banua. Kegiatan digelar dengan mementaskan seni tari, sastra, musik dan teater di Panggung Terbuka Bakhtiar Sanderta Taman Budaya Kalsel di Banjarmasin, Sabtu (14/4/2018).

Kepala Taman Budaya Kalsel Suharyanti, ada enam sanggar seni yang pentas untuk memeriahkan Malam Seni Budaya Banua tersebut. Mereka di antaranya adalah Sanggar Lawang Banjarmasin, Sanggar Ading Bastari Barikin dari Hulu Sungai Tengah (HST), Sanggar Tari Perpekindo dan Madihinesia Banjarmasin.

“Kebanyakan yang ditampilkan sanggar seni adalah para seniman muda, baik tari, sastra madihin, teater dan musik,” jelasnya.

Kegiatan malam seni  budaya itu merupakan sebagai agenda perdana Taman Budaya Kalsel di 2018. Di tahun ini, rencananya akan digelar 18 kegiatan kesenian dan kebudayaan di lokasi tersebut. “Kesannya sangat baik untuk gelar Malam Seni Budaya Banua ini, terbukti penontonnya sangat banyak,” papar Suharyanti.

Pentas seni tersebut merupakan salah satu bentuk upaya pembinaan yang dilakukan Taman Budaya Kalsel terhadap pelaku seni budaya. Seni budaya tradisi di Kalsel, khususnya untuk seni tari, teater, sastra dan musik masih cukup lestari, bahkan makin banyak digandrungi anak-anak muda.

“Kami ingin terus menghidupkan kesenian budaya daerah ini, salah satu langkahnya harus sering dipergelarkan. Terbukti kan yang tampil malam ini hampir semuanya seniman muda, bahkan ada yang masih anak-anak pelajar sekolah dasar,” pungkasnya. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...