Titiek Soeharto Berikan Dana Apresiasi Pemenang IAA 2018

Editor: Mahadeva WS

544

JAKARTA — Ketua Umum Yayasan Seni Rupa Indonesia (YSRI), Titiek Soeharto memberikan apresiasi kepada tiga pemenang Indonesia Art Award (IAA) 2018. Penghargaan berupa dana total sebesar Rp155 juta diberikan kepada ketiga pemenang.

IAA merupakan ajang pencarian potensi seniman kreatif dan inovatif dalam bidang seni rupa khususnya karya-karya fine art. Dalam ajang IAA tahun ketiga bertema Dunia Komik, pemenang pertama diraih oleh Evelyn Ghozalli dengan komiknya The Chair yang berhak mendapat Rp75 juta.

Ketua Umum YSRI Titiek Soeharto – Foto: Dokumentasi CDN

Disusul komik Overlapping Perspektive karya Prabu Perdana sebagai pemenang kedua mengantongi dana apresiasi Rp50 juta, dan Patra Aditia dengan karya komiknya Story of a Boy, a Mother,  and a Mountain menjadi pemenang ketiga menerima dana sebesar Rp.30 juta.

Dewan Juri juga memilih 13 peserta sebagai penerima penghargaan Gudang Garam Indonesia Art Award 2018 karena karya-karnyanya dinilai sangat menonjol. Mereka adalah, Boni Rambatan, Fajar Nursyamsujati, Radhinal Indra, Prihatmoko Moki, Muhamamad Misrad, Hafid Alibasyah, Putri Larasati Ayu Purwanto, Abdurahman Saleh, Kelana, Muhammad Iqbal, Loyong Budi Harjo, Dinni Tresnadewi Nurfallah, dan Sandi Yudha.

Karya mereka turut dipamerkan dalam Pameran Dunia Komik bersama 113 karya lain peserta lomba yang lolos seleksi dari 350 karya masuk dari berbagai wilayah di Tanah Air. Pameran karya pop art berupa karya komik berlangsung hingga 18 April 2018 sejak dibuka mulai 2 April di Galeri Nasional, Jakarta.

Titiek Soeharto menjelaskan, di sela-sela pameran juga akan diadakan Bincang-bincang Dunia Komik yang digelar Senin (16/4/2018) pukul 10.00 WIB bertempat di Ruang Seminar Gedung B Galeri Nasional. Acara tersebut menampilkan pembicara Jim Supangkat, Seno Gumira Ajidarma, Iwan Gunawan, Hikmat Darmawan, Muhammad Misrad, Borton Liew, dan Muhammad Faisal.

“Selain itu juga ada penjualan produk-produk merchandise yang diproduksi YSRI berdasarkan desain komik para peserta pameran di Art Shop GNI,” tandas Titiek.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.