banner lebaran

TMII Mengingatkan Kepada Pemahaman Kebhinekaan

Editor: Mahadeva WS

259
Ketua Umum MUI, KH Ma'ruf Amin. Foto : Sri Sugiarti.

JAKARTA – Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma’ruf Amin mengatakan, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menyatukan ragam budaya bangsa yang bersanding begitu harmonis di Indonesia. Keberadaannya mengingatkan pemahaman tehadap kebhinekaan.

“TMII mengingatkan kita untuk memahami keragaman atau kebhinekaan Indonesia,” kata KH Ma’ruf kepada Cendana Nes ditemui usai seminar nasional sertifikasi halal di Gren Alia Hotel, Jakarta, Senin (16/4/2018).

Menurutnya, TMII mampu menjaga harmonisasi kerukunan umat baik dalam kegiatan keagamaan maupun seni budaya. Ini dapat dilihat jelas dari tampilan berbagai anjungan provinsi dan rumah ibadah yang berdekatan. “TMII ini wahana produk budaya dan edukasi harus dijaga dan dilestarikan,” jelas KH Ma’ruf.

Sebagai sarana edukasi, TMII disebutnya, selalu berinovasi menampilkan seni budaya melalui visualisasi dengan bentuk yang diperagakan. Hal itu memberikan kesan mudah dipahami oleh masyarakat pengunjung akan arti sejarah budaya tersebut. Kini, TMII sudah menapaki usia 43 tahun, KH Ma’ruf berharap TMII terus berinovasi dalam pelestarian seni budaya bangsa dengan tetap memegang teguh nilai-nilai luhur Pancasila. “Saya ucapkan Selamat HUT 43 TMII. Harapannya, TMII jadi pusat khazanah budaya nusantara,” ujar KH Ma’ruf.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.