TMII Pusat Peradaban dan Edukasi Budaya Bangsa

Editor: Satmoko

204

JAKARTA – Pekan HUT ke 43 Taman Mini Indonesia Indah (TMII) resmi dibuka oleh Ketua MRP RI, Zulkifli Hasan dengan ditandai pelepasan balon, di Plaza Tugu Api Pancasila TMII, Jakarta, Minggu (15/4/2018).

“Saya ucapkan selamat HUT ke 43 TMII. Beruntung kita punya TMII, terima kasih kepada almarhumah Ibu Tien Soeharto. Kita doakan beliau diterima amal baiknya oleh Allah SWT,” kata Zulkifli dalam sambutannya saat membuka HUT ke 43 TMII.

Menurutnya, TMII adalah pusat peradaban dan pusat pengembangan budaya juga pusat edukasi bagi seluruh masyarakat Indonesia.

“TMII ini pusat peradaban dan pusat edukasi budaya bangsa Indonesia,” tegas Zulkifli.

Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan saat memberi sambutan pada pembukaan Pekan HUT ke 43 TMII di Plaza Tugu Api Pancasila TMII, Jakarta, Minggu (15/4/2018). Foto : Sri Sugiarti.

Dengan hadirnya 34 anjungan provinsi di TMII, Zulkifli berharap budaya daerah menjadi sumber kekuatan budaya nasional. Begitu juga dengan ekonomi daerah dapat menjadi penopang kekuatan ekonomi nasional. Sehingga Indonesia akan menjadi negara yang makmur dengan tidak meninggalkan nilai-nilai luhur peradaban.

Menurut Zulkifli, negara yang besar bukan negara yang kaya akan sumber daya alam (SDA), tetapi bangsa yang memiliki martabat dengan nilai-nilai luhurnya.

Ditegaskan dia, bangsa Indonesia memiliki kesempatan menjadi negara yang besar. Apabila mampu menjaga nilai-nilai peradaban, seperti Pancasila, kebudayaan, bahasa dan adat istiadat atau kebudayaan tradisional.

“Cuma sayangnya, kadang kita kerap meninggalkan nilai-nilai peradaban tersebut. Padahal, kita punya 1000 etnis dan 700 bahasa daerah serta ragam budaya,” tukas Zulkifli.

Direktur Utama TMII, Tanribali Lamo (kedua dari kiri) dan Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan (keempat dari kanan) berfoto bersama peserta Sasirangan Carnaval pada pembukaan Pekan HUT ke 43 TMII di Plaza Tugu Api Pancasila TMII, Jakarta, Minggu (15/4/2018). Foto : Sri Sugiarti.

Indonesia, menurutnya, harus berkaca pada negara-negara yang tidak memiliki kekayaan alam yang melimpah. Tetapi negara tersebut berhasil menjadi negara yang besar.

Seperti, sebut dia, negara Singapura, Jepang, Korea Selatan, dan Malaysia. “Mereka berhasil menjadi negara besar karena menjunjung tinggi nilai-nilai peradaban para leluhurnya,” ujarnya.

Zulkifli mengimbau masyarakat Indonesia tidak terpengaruh dengan budaya luar. Karena menurutnya, justru budaya luar itu akan menghancurkan kita.

“Kalau budaya dan nilai-nilai peradaban kita kuat, maka Indonesia akan jadi negara yang maju,” ujarnya.

Direktur Utama TMII, Tanribali Lamo (kedua dari kiri) dan Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan (tengah) pada pembukaan Pekan HUT ke 43 TMII di Plaza Tunggu Api Pancasila TMII, Jakarta, Minggu (15/4/2018). Foto : Sri Sugiarti.

Kembali dia menegaskan, keberadaan TMII telah memberikan bukti, bahwa Indonesia mempunyai ragam budaya yang mengharmoniskan kerukunan kehidupan masyarakat Indonesia.

Pembukaan HUT ke 43 TMII ini juga dihadiri oleh Direktur Utama TMII Tanribali Lamo, Direktur Umum TMII Taufik Sukasah, sesepuh pencak silat Eddie M Narapraya, dan para tokoh lainnya serta para Kepala Anjungan Provinsi dan Kepala Museum TMII.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.