Tujuh Tersangka Pembobolan ATM Diringkus Polrestro Jakbar

Editor: Mahadeva WS

370

JAKARTA —-  Tujuh anggota sindikat pembobolan mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) tumbang ditembus timah panas polisi. Penangkapan para tersangka dilakukan di berbagai lokasi berbeda.

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat AKBP Edy Suranta Sitepu mengatakan, para pelaku ditangkap secara maraton di sejumlah lokasi. Kelompok pertama tersangka dengan inisial MY, AS, dan TB dibekuk di gerai ATM Green Mantion, Cengkareng Jakbar, Kamis (5/4/2018) saat sedang beraksi.

kelompok dua tersangka M dan RB ditangkap pada Jumat (6/4/2018) di Hotel Golden SKY. Tersangka MF ditangkap pada Sabtu (7/4/2018) di Jalan Jembatan Besi, Tambora, Jakarta Barat. Tersangka IM alias CG ditangkap di Cisoka, Tangerang, Banten, pada Minggu (8/4/2018). Pada penangkapan di Cisoka tersebut tersangka AJ yang menjadi Kapten dari sindikat tersebut berhasil lolos.

“Terpaksa kami lakukan tindakan tegas terukur kepada mereka, karena melawan saat ditangkap. Tersangka AJ dan IM adalah kakak beradik. AJ masih kami buru,” ungkap Edy di Mapolres Metro Jakarta Barat, Selasa (17/4/2018).

Dua tersangka AJ dan IM, merupakan residivis untuk kasus serupa. Dari pengakuan pelaku kepada penyidik, komplotan tersebut sudah beraksi di 17 lokasi selama 2018. Total uang yang digasak mencapai Rp300 juta.

Sementara kelompok kedua diketahui sudah beraksi di 36 lokasi ATM di minimarket kawasan Jakbar, Jakut, dan Bekasi. Mereka bisa beraksi sembilan kali dalam satu mesin ATM. Pembobolan mesin ATM yang diakui sudh dilakukan sejak 2017 tersebut disebut-sebut sudah menghasilkan Rp700 jutaan.

“Satu tempat bisa sampai tiga sampai sembilan kali. Sekali tarik bisa dapat Rp30 juta-Rp60 juta. Mereka mobile ke seluruh jakarta,” tambah Edy.

Aksi pembobolan mesin ATM banyak di lakukan di wilayah Grogol, Jakarta Barat dengan memanfaatkan hari yang berbeda. “Mereka lebih sering lakuin itu (pembobolan ATM) di wilayah Grogol. Di Grogol-kan banyak market atau mesin ATM. Mereka beraksinya tuh sehari sekali, hari selanjutnya cari lagi mesin ATM lainnya,” pungkasnya.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.