UMKM Perempuan di NTB Mampu Merambah Pasar Internasional

Editor: Irvan Syafari

242
Ketua Tim Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Hj Erica-Foto: Turmuzi.

MATARAM — Keberadaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) termasuk koperasi diharapkan mampu berdayakan perempuan di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) secara ekonomi.

“Kalau dilihat, masyarakat pelaku UMKM di NTB selama ini banyak melibatkan kaum perempuan, karena itulah, keberadaan UMKM yang ada diharapkan bisa mampu berdayakan perempuan secara ekonomi,” kata Ketua Tim PKK NTB, Hj Erica di Mataram, Selasa (3/4/2018).

Karena itulah, selain berupaya meningkatkan kualitas dan mengencangkan pemasaran produk UMKM dihasilkan, peningkatan SDM pelaku UMKM, terutama kaum perempuan harus terus ditingkatkan.

Sebab peningkatan kualitas produk UMKM yang diikuti dengan peningkatan kualitas SDM masyarakat pelaku UMKM, tentu akan memberikan nilai tambah secara ekonomi dalam upaya pengembangan dan pemasaran produk.

“Apalagi dengan keberadaan NTB sebagai salah satu kawasan wisata yang senantiasa ramai kunjungan wisatawan, produk UMKM akan senantiasa banyak dicari dan dibeli, baik berupa produk olahan maupun kerajinan,” katanya.

Pelaksana harian, Kepala Dinas Koperasi UMKM NTB, H Muhamad Imran koperasi dan UMKM selama ini terbukti menjadi salah satu kekuatan ekonomi masyarakat, melalui inovasi dan produk dihasilkan.

Menurutnya, banyak masyarakat pelaku UMKM perempuan yang telah mampu merambah pasar nasional maupun internasional, apalagi dengan kemajuan teknologi informasi saat ini, transaksi dan jual beli bisa dengan mudah dilakukan.

“Untuk mencapai kesuksesan tersebut, SDM dari masyarakat pelaku UMKM termasuk inovasi dilakukan, tentu menjadi kunci bisa meraih kesuksesan,” katanya.

Baca Juga
Lihat juga...