Warga Desa Waihawa Kelola Obyek Wisata Ogor Paret

Editor: Satmoko

773

MAUMERE – Obyek wisata Ogor Paret dengan bebatuan yang berbentuk unik dan bergelombang di pesisir pantai dekat tebing bati di desa Waihawa kecamatan Doreng kabupaten Sikka merupakan sebuah destinasi wisata baru yang sedang digarap dan dikembangkan oleh pemerintah desa Waihawa menggunakan dana desa.

“Kami coba memulai menggarap destinasi wisata ini dengan modal seadanya sejak beberapa bulan lalu. Saat ini kami sedang melakukan penataan dengan mulai membersihkan lahan di pesisir pantai dan menatanya sehingga sudah banyak wisatawan lokal dan beberapa wisatawan asing yang berkunjung,” tutur Vitalis Julianus, Minggu (15/4/2018).

Kepala desa Waihawa ini menjelaskan, pihaknya coba mempromosikan lewat media sosial dan ternyata mendapat tanggapan positif dari masyarakat. Beberapa media sudah memuat sehingga sudah mulai terjadi peningkatan kunjungan wisatawan.

Kepala desa Waihawa kecamatan Doreng, Vitalis Julianus. Foto : Ebed de Rosary

“Saya menempatkan empat orang warga untuk menjaga tempat wisata ini dan mengalokasikan dana desa untuk menata tempat ini menjadi lebih baik. Kami juga mulai menarik retribusi masuk seikhlasnya,” tuturnya.

Awalnya tebing batu berbentuk unik ini, tambah Vitalis, didatangi satu dua orang untuk menikmati sunset dan berfoto ria. Kehadiran wisatawan ini yang membuat pihaknya tertarik untuk menata dan mengembangkan obyek wisata ini.

Paul Edmundus Tallo salah seorang pegiat pariwisata saat ditanyai Cendana News memberikan apresiasi atas kreativitas dari pemerintah desa yang mencoba menggarap destinasi wisata menggunakan dana desa dengan memanfaatkan potensi sumber daya di desa.

“Jarang sekali pemerintah desa memanfaatkan dana desa untuk mengembangkan sektor pariwisata. Kemauan baik ini harusnya direspon dinas Pariwisata dengan memperbaiki akses jalan ke lokasi ini dan menyediakan air bersih serta membangun MCK,” tuturnya.

Ditambahkan Paul, pemerintah juga perlu memberikan pelatihan kepada pihak desa mengenai bagaimana mengelola sebuah destinasi wisata dengan baik. Bahkan bila perlu mengirim sumber daya di desa untuk studi banding dan belajar dari desa-desa lain yang sudah berpengalaman serta maju dalam mengelola obyek wisata.

“Kemauan baik dari pemerintah desa ini harus direspon dan ditanggapi positif oleh dinas pariwisata dengan membangun sinergitas dan mendorong pihak desa untuk memberdayakan potensi yang ada,” terangnya.

Untuk mencapai destinasi wisata tebing Ogor Paret, pengunjung bisa melewati jalur Waipare Bola hingga sampai ke Doreng atau melewati ruas jalan Watublapi menuju Doreng.

Lokasi wisata ini berjarak sekitar 40 kilometer arah timur kota Maumere kabupaten Sikka dan bisa ditempuh menggunakan sepeda motor. Bisa juga menyewa mobil travel seharga kurang lebih 400 ribu rupiah sehari.

Baca Juga
Lihat juga...