4 Orang Terjaring OTT di Bengkulu Langsung Diperiksa KPK

Editor: Koko Triarko

250

JAKARTA – Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), langsung melakukan pemeriksaan terhadap empat orang yang terjaring operasi tangkap tangan (OTT) di Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu. 

Keempat orang yang terjaring OTT tersebut adalah Dirwan Mahmud (Bupati Bengkulu Selatan), seorang keluarga bupati yang diduga sebagai istri Dirwan Mahmud, seorang oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kabupaten Bengkulu Selatan dan satu orang dari unsur swasta. Mereka langsung menjalani pemeriksaan selama 1 x 24 jam untuk menentukan status hukumnya.

Kabiro Humas KPK, Febri Diansyah, Rabu (16/5/2018), di Gedung KPK Jakarta, mengatakan, keempat orang yang ikut terjaring dalam kegiatan OTT KPK begitu tiba di Gedung KPK siang ini, langsung menjalani pemeriksaan oleh penyidik KPK.

Sebelumnya, keempat orang tersebut sempat menjalani pemeriksaan di Markas Kepolisian Daerah (Mapolda) Bengkulu di Kota Bengkulu sejak tadi malam hingga pagi. Kemudian mereka langsung dibawa dari Bengkulu menuju Jakarta dengan menggunakan pesawat penumpang komersial.

Pada saat menggelar OTT tersebut, petugas KPK juga berhasil menyita dan mengamankan sejumlah uang tunai yang diduga sebagai suap atau gratifikasi.

Jumlah total uang yang ditemukan mancapai Rp100 juta, diduga uang merupakan bagian dari commitment fee, yaitu berupa hadiah atau janji.

Diduga, tujuan pemberian suap atau gratifikasi tersebut untuk memuluskan terkait proses perizinan sejumlah proyek di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu.

Sementara, KPK hingga saat ini masih menyelidiki apakah ada penerimaan uang lainnya yang diduga telah diterima bupati dari pemberian pihak swasta.

Hingga kini, belum ada keterangan tambahan dari pihak KPK. Menurut Febri, pihaknya masih menunggu perkembangan hasil pemeriksaan yang dilakukan penyidik KPK.

Belum diketahui kapan pelaksanaan jumpa pers atau gelar perkara pemeriksaan akan diumumkan secara resmi oleh Pimpinan KPK.

Baca Juga
Lihat juga...